Ada Hagia Sophia di Malang! | Masjid Agung Al-Hidayah Karangploso

8:51 AM

Siapa yang tidak kenal dengan bangunan masjid bersejarah bekas Gereja Yunani Kuno Hagia Sophia yang terletak di Turki. Hagia Sophia merupakan sebuah masjid bekas Gereja Yunani Kuno dari Kekaisaran Byzantium yang dibangun oleh Konstantius, Putra Konstantin yang Agung. Pantas saja Hagia Sophia memiliki gaya arsitektur yang indah dengan ornament yang khas pada bagian langit-langitnya.

Berbicara mengenai masjid yang terletak sangat jauh di negeri timur tengah ini, ternyata di Indonesia juga terdapat salah satu masjid yang memiliki gaya arsitektur serupa dengan masjid di Turki ini.



Ketika melihat gambar diatas, pasti mengingatkan kita dengan ke khas an ornament bangunan Hagia Sophia. Ornament bangunan ini bukan di Masjid Hagia Sophia, melainkan masjid yang terletak di Malang, tepatnya di Karangploso. Masjid ini bernama Masjid Agung Al-Hidayah. Membutuhkan waktu kurang lebih sekitar setengah jam dari pusat kota Malang menuju Masjid ini. Masjid Agung Al-Hidayah memang di desain menyerupai masjid Hagia Sophia di Istanbul Turki. Masjid ini sudah berdiri sekitar 8 tahun lalu, dan dibangun oleh masyarakat yang tinggal di sekitar lokasi. Tak banyak yang mengetahui keberadaan masjid ini, karena memang letaknya yang jauh dari pusat kota. Meski demikian, beberapa orang banyak yang terpesona dengan keindahan masjid Agung Al Hidayah ini dan mencoba membagikan foto di akun sosial media. Alhasil, kian lama masjid ini mulai cukup dikenal masyarakat banyak.

Pada bagian eksterior Masjid Al-Hidayah cukup memiliki kesan berbeda dari masjid seperti biasanya. Terlihat gaya arsitektur khas Turki pada ekterior masjid yang mampu menarik perhatian. Sayangnya masjid ini terletak sangat dekat dengan jalan raya, sehingga keindahan ekterior masjid kurang dapat dinikmati karena tertutup oleh tiang listrik dan tiang lampu.


Detail fasad bangunan dengan dominasi warna coklat
Masuk menuju bagian dalam masjid, nuansa Turki sangat terasa. Ornament pada dinding dan area dalam masjid dibuat mirip dengan konsep khas Timur-Tengah. 
Entrance pada area depan masjid
Masjid Agung Al-Hidayah ini sendiri terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan untuk jamaah pria dan juga wanita. Lantai kedua digunakan untuk jamaah wanita. 
Terlihat ornament geometris pada interior bangunan. Geometris Islam ini mengadopsi motif Zillij dengan ciri adanya pengulangan (repetisi) dan membalolak-balikkan beberapa bentuk dasar geometri yang disusun sedemikian rupa membentuk pola geomteri yang indah dan bermakna.



Bagian jendela yang juga diberi ornament


Mirip bukan dengan masjid Hagia Sophia. Bagi pecinta wisata religi tak salah jika Masjid Al-Hidayah menjadi salah salah destinasi yang patut dikunjungi.

You Might Also Like

2 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram