Final Review Drama Goblin, Bye Ahjussi!

4:06 PM

I’m not gonna tell you about the ending cause I don’t want you guys getting spoiler karena sesungguhnya spoiler itu amatlah kejam. Sampai harus rela ga buka sosmed menjelang dua episode terakhir demi terhindar dari spoiler. Better you watch it by yourself. Jadi aku bakal nyeritain sedikit alur cerita drama goblin. Drama goblin merupakan garapan dari penulis Kim Eun Sook. Drama ini menjadi salah satu drama yang ditunggu-tunggu di tahun 2016 mengingat kesuksesan Kim Eun Sook pada drama sebelumnya yakni Descendants Of The Sun. Kim Eun Sook sendiri merupakan salah satu penulis skenario terkenal di Korea Selatan terbukti dengan kesuksesan beberapa dramanya yakni descendants of the sun, heirs, secret garden, dan masih banyak lagi. Kim Eun Sook juga pernah mendapat kritik dari beberapa karyanya yang terkadang tega membuat ending cerita berakhir tragis, dan juga beberapa dialog dramanya yang terkesan cheesy. But I love her drama because she always give something different. Ga masalah ending harus sedih, dari pada bahagia tapi memaksakan.

Penggemar goblin pasti tau semua barang ini haha


Drama ini menceritakan tentang kisah seorang goblin bernama Kim Shin yang telah hidup selama 900 tahun lamanya. Keabadiannya itu disebabkan oleh kutukan pedang yang menancap di dadanya. Hanya istri dari goblin lah yang bisa melepas pedang dan menghapus kutukan keabadian itu sehingga goblin dapat kembali ke asalnya dengan tenang. Hidup sejak zaman goryeo hingga tahun 2016 akhirnya dia dipertemukan dengan seseorang yang dianggapnya sebagai istri goblin. Yap Ji Eun Tak. Seorang pelajar SMA yang mempunyai kelebihan dapat melihat hal-hal supranatural ini merupakan istri goblin. Kenapa bisa Eun Tak jadi istri goblin? Jadi diceritakan jika ada seseorang yang mampu melihat dan memegang pedang yang menusuk sang goblin maka dia lah istri dari goblin. Takdir mempertemukan mereka dan mulailah tumbuh benih-benih cinta diantara mereka (apalah ini -.-) hingga si goblin lupa tujuan utama dia mencari seorang istri agar dia dapat mengehentikan kutukan keabadian dan segera mengakhiri kehidupannya.



Galau, dilema, goblin dan Eun Tak ga mau berpisah karena udah cinta. Tapi takdir tidak memihak kepada mereka berdua. Sebab sudah jadi takdir Eun Tak buat mencabut pedang dari sang goblin, jika tidak maka nyawa dia yang akan jadi taruhannya. Jika goblin ga mati maka mautlah yang akan mengejar Eun Tak. 


Selain ahjussi goblin drama ini juga menceritakan kisah lain dari seorang grim reaper yang hilang ingatan. He don’t remember his name, everything about himself nor his past life. Diceritakan bahwa grim reaper ini nantinya akan tinggal bersama dirumah goblin karena dia menjadi penyewa dirumah tersebut. Kebersamaan mereka yang dulunya indah penuh dengan adegan bromance seketika memudar ketika masa lalu yang pahit diantara mereka terkuak. Grim reaper nanti akan jatuh cinta dengan seorang wanita yang memilki keterkaitan dengan masa lalu kelamnya. Wanita ini lah yang nantinya akan membantu gream reaper ahjussi mengingat masa lalunya.
don't know why korean people love bromance



Kalau disuruh menilai drama ini dari skala 1-10. I would give 10 for sure. Semua tentang drama ini bisa dibilang sempurna. Action, romance, misteri, sad love story, sedikit cerita horror, dragging about past and future tapi ga bikin penonton bingung dengan alurnya. Bahkan saking kerennya sampai semua ost buat drama ini bisa merajai chart musik korea. 
Kita juga harus mengapresiasi kerja keras para staff nya dalam menghasilkan cinematography yang luar biasa, sehingga kita berasa nonton film dibandingan dengan drama, terutama pada beberapa adegan di zaman goryeo, dan juga efek visualisasi pemandangan yang super cantik.












my favorite scene

Walaupun beberapa dialognya sedikit eh bukan sedikit sih tapi lumayan cheesy. Tapi secara keseluruhan dramanya daebak


To be honest, aku ga terlalu suka tipe-tipe drama korea yang romance banget, dan biasanya tipikal drama korea itu selalu bercerita tentang kisah cinta segitiga. Tapi tenang di drama ini ga ada yang namanya satu cewek direbutin dua cewok. Mungkin sudah jadi ciri khas drama Kim Eun Sook sendiri yang ga terlalu tertarik dengan romansa cinta segitiga. Ending drama ini juga menurut aku natural dan tidak memaksakan cerita yang harus happy ending. I’m not saying goblin has sad ending yaa.

Overall, I do recommend this drama. If not for the plot, then for the epic saeguk parts, the scenery, and of course for Gong Yoo ahjussi.  


Pictures source: pinterest 



You Might Also Like

2 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram