Daily Skincare Routine

7:36 AM


Sebulan yang lalu, waktu lagi ngobrol bareng temen tiba-tiba muncul pertanyaan kira-kira seperti ini:

"Mulai dari mana sih seharusnya menggunakan skincare?"

Awalnya cuma iseng dan penasaran aja. Akhirnya temen aku ngejelasin tahapan perwatan wajah dengan produk skincare yang dia punya. Ribet dan panjang juga. Ternyata selama ini aku salah dan kurang serius menjaga kesehatan wajah. Aku kira dengan cuci muka aja udah cukup buat menjaga kebersihan muka. Apalagi diumur yang semakin bertambah, masalah kulit mulai bertambah juga. Ga mau kan wajah jadi bermasalah gara-gara salah perawatan.
Akhirnya saat ini aku memutuskan buat rutin dan rajin perawatan wajah biar ga nyesel nantinya. Karna aku baru-baru nyoba beberapa skincare jadi belum berani beli yang mahal-mahal. Apalagi anak kost an, mesti nabung dulu buat beli produk skincare. Untungnya ada beberapa produk lokal yang murah meriah pas banget buat kantong mahasiswa, dan sampai saat ini aku cukup puas sama kualitas produk lokal ini.
Oh ya, sebelum membeli produk skincare pastikan terlebih dahulu jenis kulit wajah. Jangan sampai muka jadi tambah bermasalah gara-gara salah milih produk skincare
Jenis kulit wajah aku sendiri cenderung kering, jadi tiap beli produk skincare pastinya aku beli produk yang bisa bikin kulit wajah aku tetap lembab, tapi ga bikin wajah berminyak.

So, here are the steps for my skincare routine:
FACIAL LOTION


Seharusnya tahap pertama diawali dengan pembersihan wajah pakai cleanser, cuma aku kurang suka aja, jadinya lebih prefer pakai facial lotion ini. Lotion ini adalah cairan dengan konsistensi hampir seperti air yang membersihkan kulit wajah sampai ke dalam pori-pori dan menghapus kelebihan minyak dipori-pori, menyeimbangkan Ph dan juga menyegarkan kulit wajah. Biasanya toner dipakai sehabis cuci muka, cuma sehabis bangun pagi aku lebih suka pakai oval facial lotion ini, soalnya kandungannya emang ga berat dan bikin wajah jadi segar gitu karna ada alkoholnya. Pengaplikasiannya cukup dituangin ke kapas pembersih wajah. Tapi kalau lagi mager biasanya aku skip step ini dan langsung cuci muka aja hehe.

CLEANSING

Tahap selanjutnya adalah cleansing yakni mencuci wajah dengan sabun yang biasa digunakan ke wajah seperti facial wash atau facial foam. Ingat sabun wajah ya, bukan sabun badan. 
Karena masalah kulit wajah aku ga cuman satu jadinya aku membagi tahap cleansing ini jadi 3 tahap, yakni dengan memakai 3 jenis produk pembersih muka. Ga semua orang mungkin cocok dengan cara ini, jadi tergantung sama jenis dan masalah kulit, karna tiap orang pastinya punya jenis dan masalah kulit yang berbeda-beda.




Cleansing tahap pertama aku pakai clean & clear daily pore cleanser. Produk ini bisa mengurangi komedo dan mencegah terbentuknya komedo dengan butiran kasarnya. Biasanya aku pakai produk ini hanya untuk bagian hidung aja soalnya emang bagian hidung cenderung berkomedo. Butiran kasarnya bisa bersihin dan hilangi komedo, hampir mirip kayak scrub jadi kalau bisa ketika menggunakan produk ini jangan terlalu sering dan menggosoknya juga jangan terlalu keras.





Cleansing tahap kedua aku pakai clean & clear acne marks cleanser. Produk ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat dan juga bisa menghilangkan noda bekas jerawat. Bekas jerawat jadi hilang selama aku rutin pakai produk ini. Ga langsung hilang sih, biasnya 2 mingguan bekas jerawat langsung hilang, tergantung tingkat keparahan. Jerawat yang bengkak juga lebih cepat mengecil dan mengempes kalau pakai produk ini. Sayangnya setelah memakai produk ini kulit aku berasa kayak masih ada sabunnya, dan ga ada efek kesat dimuka jadinya berasa kurang bersih aja.



Cleansing tahap ketiga aku pakai clean & clear foaming facial wash. Karna produk facial wash sebelumnya ga bikin kulit aku kesat, jadinya aku pakai produk ini buat tahap cleansing terakhir. Rasanya kulit wajah jadi bersih dan kesat banget setelah pakai ini.

Itu tahap terakhir cleansing. Jangan lupa keringkan wajah dengan menggunakan handuk khusus wajah atau tisu. Kalau aku biasa pakai tisu. Jangan pakai handuk yang biasa dipakai buat badan ya karna ga baik untuk wajah.

TONER


Toner ini dipakai sebelum pengaplikasian make up atau produk skincare lainnya. Aku biasanya pakai wardah hydrating toner. Tipe produk ini buat kulit cenderung kering. Toner ini ga memberi efek sejuk diwajah, mungkin karena ga ada alkoholnya ya. Cuma ga tau kenapa tiap pakai toner ini wajah aku agak sedikit perih, mungkin kurang cocok. Buat sementara sih pakai ini dulu, tapi mungkin ntar bakalan ganti produk lain.

SERUM/PELEMBAB


Tahap terakhir aku pakai serum atau pelembab. Jadi pilih salah satu tergantung aktivitas. Kalau ga kemana-mana paling cuman pakai serum, tapi kalau mau beraktivitas diluar rumah aku biasa pakai pelembab dulu sebelum lanjut pakai make up. Untuk pelembab ini aku biasa pakai merk ponds atau wardah. Kalau disuruh milih antara 2 produk itu aku lebih prefer ke ponds. Produk wardah cenderung bikin kulit aku glowing dan berminyak, sedangkan produk ponds bikin kulit wajah aku keliatan lebih cerah dan ga bikin terlihat berminyak.
Untuk serumnya bakal aku jelasin lebih rinci di skincare malam hari ya.


Itu dia tahap-tahap skincare routine aku di pagi hari jadi kalau diurutin kurang lebih seperti ini.


Selanjutnya adalah rutinitas skincare dimalam hari
Night skincare routine ini ga jauh berbeda sama dipagi hari. So, here are the steps:

CLEANSER 


Cleanser ini berupa cream pembersih wajah, teksturnya lembut, cocok untuk membersihkan dan melembabkan kulit yang cenderung normal-kering. Cleanser ini juga mempermudah untuk membersihkan wajah dari sisa make up, jadi ntar waktu cuci muka sisa make up lebih cepat dan mudah hilang. Pengaplikasiannya tinggal diolesin merata kewajah trus dipijat, setelah itu dibersihkan pakai tisu. Tisu ya bukan kapas, soalnya kalo kapas ntar bakalan nempel dan kurang efektif membersihkan.

CLEANSING 


Tahap cleansing yang ini sama dengan tahap cleansing dipagi hari dengan memakai 3 produk pembersih wajah yang telah dijelaskan sebelumnya.

TONER

  Tahap ini juga sama dengan penggunaan toner dipagi hari, gunanya untuk menghapus sisa penggunaan cleanser dan sisa facial wash.

SERUM 


Treatment yang terakhir ini adalah bagian penting/kunci dari kecantikan kulit wajah, cieelah...
Treatment terakhir ini adalah pemakaian serum. Aku pakai C-defence serum dari wardah. Kalau kata mba-mba wardah serum ini bisa mencerahkan kulit, menjaga elastisitas kulit, memperbaiki struktur kulit, melembabkan, dan melindungi kulit dari radikal bebas. 
Awalnya sih agak takut mau pakai serum ini karna kandungan vit C nya yang cukup kuat. Beberapa review blog kecantikan yang coba produk ini juga bilang kalau serum ini ga cocok buat kulit mereka dan bikin breakout di wajah. 
Untungnya kulit wajah aku cocok aja sih pakai serum ini. Intinya kalau pakai serum jangan banyak-banyak, karna kandungannya kuat. Cukup 3-4 tetes aja dibagian dahi, hidung, pipi, kemudian diratakan keseluruh wajah. 
Ingat jangan terlalu berlebihan, karna emang yang berlebihan itu ga baik. Serum ini juga sedikit lengket diwajah jadi kalau pakainya terlalu banyak bakalan lama meresap diwajah.

Nah itu dia rutinitas skincare malam hari yang biasa aku lakuin. Tahapannya kurang lebih seperti ini.


Ternyata banyak juga ya, padahal baru daily belum yang weekly. Steps ini nantinya mungkin bakalan berubah seiring waktu kalau nemu yang lebih cocok. Karna sampai sekarang masih ngerasa belum puas sama hasil skincare yang dipakai. 

Cari skincare udah kaya cari soulmate ya, cocok-cocok an.
Ayo rajin perawatan kulit wajah sedini mungkin, ga perlu beli skincare yang mahal, kita bisa coba produk-produk lokal yang juga cukup bagus kok. 









 

You Might Also Like

6 komentar

  1. Itu sabun cuci mukanya ampe tiga kali ya? Apakah gak kering ke mukanya?
    Aku sih tipe kulitnya berminyak jadi untuk produk mungkin beda lagi sama sista :"(
    Sista suka pake masker gak? Kalo pake, apa aja dan tiap berapa kali?
    Btw makasih atas infonya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Iyaa aku tiap cuci muka suka pakai banyak facial wash gitu padahal tipe muka aku dry skin cuma selama ini baik2 aja sih hehe. Biasanya abis cuci muka aku pakai hydrating toner, essence, serum, sama night cream yg fungsiny buat melembabkan. Kalo masker aku pakai innisfree jeju volcanic mask, freeman, atau pakai nature republic yg aloe gel, makainy sih sesuai mood kadang seminggu bisa 4 kali

      Delete
  2. terimakasih banget atas tulisan ini... semoga mba winda sehat selalu.
    tulisan ini sangat bermanfaaat buat saya pribadi sebagai penjual. thanks mba winda
    sabun amoorea
    nu amoorea
    cara menjadi member nu amoorea

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Wah lengkap banget ya, aku pernah coba clean & clear foaming facial wash sayangnya gak cocok di aku. Btw salam kenal ya :)

    mybabypinkdiary.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. Thanks for info https://bit.ly/2NRz8Eb

    ReplyDelete

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram