Time Traveler

1:43 AM


Have you ever imagined yourself having the ability to travel through time?  You can go to your past nor your future life. Bayangin dirimu seorang penjelajah waktu, bisa pergi ke masa depan atau masa lalu sesuka hati. Ngeliat gimana kehidupan orang tua kita dimasa lalu, atau bahkan ngeliat calon suami dimasa depan wkwk. But i found this creepy. Kenapa? 
Misalkan kamu bisa melihat bagaimana masa depan kamu dalam kurun waktu 10 tahun kedepan, ternyata kamu adalah orang yang sukses, bukankah itu bakal membuat dirimu di masa yang sekarang menjadi malas berusaha? Atau mungkin bayangin waktu kamu menjelajah waktu dimasa depan dan kamu menemukan bahwa dirimu sedang terlibat dalam kecelakaan mobil yang menewaskan nyawamu, Na’udzubillahi min dzalik. Seakan-akan mendahului takdir Allah padahal ga ada seorangpun yang mengetahui secara pasti apa yang terjadi pada dirinya besok selain Allah swt.

Back to the main topic, recently i watched korean drama about time traveler. The story tell about a man who has the ability to travel through time via a subway. Btw post kali ini bukan menceritakan tentang review drama atau kisah si penjelajah waktu. I just wanted to talk about the theory of a time travel that made me so curious and wanted to observe this theory more deeper. 
Berbicara mengenai teori penjelajah waktu pasti selalu berkaitan sama yang namanya teori relativitas yang dikemukakan oleh Albert Einstein. Entah kenapa kalau bicara tentang sesuatu yang berbau sains seperti teori relativitas, twin paradox, black hole, white hole itu seru banget.

Time travel sendiri diartikan sebagai proses bergerak dari satu titik (tempat) ke titik yang lain dimana dimensi ruang dan waktu berbeda. Secara ilmiah sendiri perjalanan waktu masih sulit dibuktikan kebenarannya dan terkesan mustahil. Ada beberapa paradoks yang membuat time travel ini terkesan mustahil, salah satunya misal kamu kembali ke masa lalu dan membunuh kakekmu, maka otomatis ayahmu tidak pernah dilahirkan dan kamu juga tidak terlahir didunia ini. Kalau kamu ga pernah lahir, bagaimana kamu bisa kembali ke masa lalu dan melakukan pembunuhan itu?

Saking keponya sama teori relativitas aku sampe ngabisin waktu berjam-jam cuma buat searching dan memahami teori ini, dannnn akhirnya tetep aja masih susah diterima di otak. 
Kalau masih inget pelajaran SMA pasti tau lah ya teori relativitas itu apa, kalau ga tau buruan deh cari tau haha, karna kalau dijelasin disini pastinya bakal membosankan, panjang, dan pasti membingungkan terutama bagi orang-orang yang kurang suka topik pembahasan berat yang maksa otak buat mikir.
Kalau males searching, nonton film juga bisa nambah pengetahuan salah satunya film Interstellar. Film ini juga menyinggung teori relativitas, black hole, bahkan membahas kehidupan di dimensi lain, dalam ruang dan waktu yang berbeda. Tapi sayangnya udah nonton 2 kali masih aja bingung sama teorinya.

Intinya dari penjelasan teori relativitas, black hole, ataupun white hole yang dikaitkan sama time travel dapat disimpulkan kita bisa menjelajah waktu dengan cara-cara seperti ini:

Untuk menjelajah waktu ke masa depan:
1. Menaiki pesawat yang mampu bergerak mendekati kecepatan cahaya
2. Menetap ditempat yang medan gravitasinya sangat tinggi misanya dekat black hole (ya kali kalo ga kesedot)
3. Menggunakan Traversable Worm Hole (ini agak kurang paham)

Sedangkan untuk perjalanan menjelajah masa lalu:
1. Menaiki pesawat yang mampu bergerak melebihi kecepatan cahaya
2. Menggunakan Transversable Warm Hole

Sampai saat ini  banyak juga para ilmuan yang masih tidak percaya dan membantah jika manusia bisa menjelajah waktu. Banyak juga para ilmuan yang berusaha membuktikan kalau time travel itu hal yang mustahil, Tapi anehnya sampai saat ini tidak ada satupun hukum fisika yang melarang time travel.
Mustahil ya emang, naik pesawat yang kecepatannya mendekati kecepatan cahaya aja udah pusing. Gimana kalau melampaui kecepatan cahaya, bisa jadi hancur, meleleh atau  bahkan melebur menjadi partikel energi.  Jadi sepertinya untuk teori ke masa lalu agak sulit diterima bahkan bisa dikatakan mustahil. Kalaupun bisa bayangin kekacauan apa yang terjadi dimasa depan akibat jika seseorang pergi ke masa lalu untuk mengubah sejarah. 

Tapi ga ada hal yang mustahil didunia ini, kita ga tau gimana teknologi masa depan seperti apa. Handphone, laptop, tablet, GPS dulunya cuma fantasi film fiksi, tapi sekarang barang-barang tersebut sudah menjadi barang-barang umum di masyarakat.  Bisa saja 20-100 tahun kedepan teori itu jadi nyata. 

Begitu banyak rahasia-rahasia sains lainnya yang masih bikin aku penasaran dan pengen belajar lebih jauh. Learn about science make me realize that God's creation is truly extraordinary spacious and magnificent. Otak ini haus akan pengetahuan. 
                                                                                                  See you on the next post :)




You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram