Sehat itu Mahal!

9:54 AM


Akhir-akhir ini aku sedikit mengabaikan kesehatan tubuh, ya apa lagi kalau bukan gara-gara deadline tugas. Makan ditunda-tunda, stress, begadang, akhirnya lupa kalau punya maag dan sensitif sama udara dingin. 

Beberapa hari yang lalu, kondisi cuaca lagi ga bersahabat, udara dingin banget, eh tapi Malang selalu dingin sih. Ditambah lagi kebiasaan suka menunda-nunda makan, sekalinya makan yang pedes-pedes atau yang asem-asem, akhirnya bikin maag jadi kumat. 
Pernah ga sih kalian ngerasa sakit perut yang luar biasa. Udadeh berasa kaya mau mati, duduk sakit, berdiri sakit, tidur juga kebangun saking sakitnya. Awalnya sempet ragu masa iya ini maag apa mungkin cuma masuk angin biasa, atau jangan-jangan ada penyakit lain. Padahal dalam bidang medis sendiri istilah masuk angin itu ga ada. 
Trus apa dong kalau bukan masuk angin? ya pokoknya sekumpulan gejala yang muncul gara-gara pola makan yang tidak teratur, kedinginan, stress, yang berakibat mual, muntah, sakit perut, dll. 
Karena takut punya penyakit lain, akhirnya dengan keputusan yang berat mau juga diajak ke dokter. Padahal aku ini orang yang anti banget sama namanya dokter dan rumah sakit. Tiap diajak periksa selalu nyari-nyari alesan. Tapi karena udah parah, sakitnya sering kambuh, seminggu bisa dua kali, mau ga mau harus periksa.

Tahun lalu sempet periksa, dokter bilang emang punya maag, tapi karena ragu akhirnya memutuskan buat USG aja. Karena jujur bingung bedain sakit perut maag sama sakit perut karena masuk angin.

Saking kekurangan berat badan, si dokter ini kesusahan pas mau cek kondisi ampeduku, katanya susah dicari (ini udah kaya jodoh ya susah dicari). Ya kali dok ampedunya ilang.

Dan hasilnya yeaaay i'm so happy
Hati normal. Ginjal kiri dan kanan juga normal. Alhamdulillah memang bener ternyata cuma maag. Bukan penyakit aneh-aneh. Dan untungnya ga terlalu parah. Cuma karena tingkat stress yang tinggi, kebiasaan pola makan yang buruk, dan sensitif sama udara dingin yang bikin sakit maag aku itu bisa heboh dan super sakit sampai gabisa jalan.
Kena udara dingin dikit langsung kambuh, stress dikit langsung kambuh. Sekarang kayaknya tiap tidur mesti pake selimut, jaket, dan kaos kaki ya :') dan yang terpenting adalah manajemen stress.





Intinya sesibuk apapun kamu, jangan lupa kesehatan itu penting dan mahal hiks. Jangan sampai nyesel gara-gara sakit nantinya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati. Kalau sakit yang rugi kan diri sendiri. Tugas jadi terbengkalai, mau beraktivitas gabisa, duit juga habis coy buat berobat.

Take care of your body. Cause it's the only place you have to live in.

You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram