Strong Woman!

2:26 AM

Kemarin, tepatnya tanggal 22 april, aku dan beberapa temen kuliah aku pergi ke Surabaya buat ngeliat pameran IDE ART yang diadakan di ITS. Ada beberapa kejadian lucu dan menarik selama kita kesana.
Jadi dimulai dari keberangkatan kami ke Surabaya. kami berangkat menggunakan jasa transportasi kereta api. karna mendadak, ya resikonya kita ga dapet seat di kereta, jadi harus berdiri, dan sialnya kita juga ga dapet tiket buat pulang.

Akhirnya di hari H berangkatlah kita ke Surabaya. Awalnya kita sepakat buat ngumpul di salah satu kos, biar berangkatnya bareng.
Kebiasaan orang Indonesia apalagi kalau bukan ngaret. Kita janjian ngumpul jam 06.00 tapi baru bener-bener ngumpul semua jam 06.30 padahal keretanya berangkat jam 07.10 dan perjalanan dari kos temen aku ke stasiun cukup memakan waktu. Sebenernya ga jauh-jauh banget sih, cuma nungguin angkot lewat itu yang cukup lama. Di dalam angkot kita panik, takut ketinggalan kereta. fortunately kita bisa sampai di stasiun jam 07.00 pas. Berbuhung kita ga dapet seat, akhirnya nyari-nyari kursi yang kiranya kosong, ya kali mau berdiri 3 jam. Awalnya kita dapet tempat duduk, eh selang 15 menit kereta berangkat, ternyata yang punya kursi udah dateng. Yaudah akhirnya mau ga mau kita musti berdiri.
Tiba-tiba ada bapak penjaga kereta berseragam (apasih namanya, ya itulah pokoknya) nawarin kita mau duduk apa ga, jelas mau lah.
Akhirnya si bapak ngajakin kita ke gerbon depan dan ternyata gerbong itu ga ada penumpangnya sama sekali, gerbong itu emang khusus ga di jual, katanya sih buat pekerja dinas. Beruntungnya kita dapet tempat duduk dari awal perjalanan sampai tempat tujuan dengan selamat tanpa capek berdiri. Thanks pak you're our savior.

Kita sampai di Surabaya jam 09.50 , karna open gate pameran baru buka jam 14.00 akhirnya kita ke TP dulu buat makan dan window shopping. Benar-benar perjalanan yang tidak terencana, jadi kita di TP cuma keliling-keliling ga jelas sambil ngulur-ngulur waktu. Apalagi di TP kebanyakan barang yang dijual mahal-mahal akhirnya kita cuman bisa melongo ngeliatin orang-orang doang. Enak ya ngeliatin orang makan, belanja, apa daya aku cuma anak kos :')

Akhirnya selesai solat ashar kita langsung berangkat ke ITS, buat liat pameran. Berhubung udah capek, capek ini bukan karna perjalanan sih, tapi gara-gara keliling TP ga jelas, jadi pas ngeliat pameran berasa muka udah lemes dan ga excited lagi, rasanya pingin tidur aja . Tapi pamerannya lumayan keren sih, apalagi banyak bazar makanan enak haha.

Karna udah lelah, akhirnya kita memutuskan buat ga lama-lama liat pameran. Jam 17.20 kita langsung pulang. Karna ga dapet tiket kereta, disitu kita sempet galau, mau pulang naik apa. Padahal kita udah punya dua pilihan : yang pertama pulang naik mobil nebeng temen, tapi baru bisa pulang sekitar jam 8 atau 9 malam. pilihan yang kedua pulang cepat tapi naik bis.
Pinginnya pulang cepat tapi enak ga ada ya?

Akhirnya setelah diskusi panjang, kita mutusin buat nekat pulang naik bus, biar cepet nyampe soalnya emang salah satu dari kami besoknya mau ada acara. Padahal jujur aku masih trauma buat ke terminal dan naik bus gara-gara pengalaman kecopetan waktu jaman maba. Tapi yaudah sih, masa selamanya mau kejebak masa lalu, trauma terus, nekat aja asal bareng-bareng insyaallah aman.

Jadi naik bus ini salah satu bucket list aku di tahun 2017, buat hilangin trauma haha.

Sampainya di terminal Purabaya, kita cukup heran sih soalnya  terminalnya jadi bagus gitu, berasa kaya di airport. Jadi semuanya bener-bener teratur, rapi, bangunannya juga lebih modern ga kaya terminal yang ada di bayanganku. Tapi entah kenapa orang Indonesia susah diatur, udah disediain gate buat ngantri, tetep aja ada yang antri diluar batas gate. I mean mereka bener-bener ngantri di depan gerbang bus, kaya mau nyegat angkot di pinggir jalan gitu, ngeselin ga sih.

Karna kita warga Indonesia yang baik dan menaati pertaturan kita tetep antri ditempat yang disediakan. Awalnya kita mikir ga mungkin lah ya sampai ga dapet bus, soalnya kan kita naik bus patas, bukan bus kota, ga bakal ada desek-desekan. Kalau penumpang full pasti bisa naik bus selanjutnnya.

TERNYATA EKSPEKTASI KITA SEMUA SALAH.

Bus baru aja sampe di gate, itu orang-orang udah anarkis gitu rebutan masuk bus Ya Allah. Itu cowok-cowok juga ga mau ngalah sama cewek-cewek, tetep aja dorong-dorongan, ngeri banget. Dan tau ga waktu aku naik bus, berasa ada flashback kejadian buruk waktu kecopetan dulu, disitu aku ngerasa tiba-tiba pusing, sesek, kaya trauma gitu. Tapi bismillah aja berlima nekat masuk ke bus, and then...... tetep aja kita ga dapet tempet duduk.
Awalnya kita mikir kalau bus patas itu ga boleh ada penumpang yang berdiri, ternyata nggak, walau busnya udah bener-bener overload si supir bus tetep aja jalanin busnya, penumpangnya gada yang mau turun tetep aja mau desek-desekan, dan kita berlima sialnya udah terlanjur masuk ke dalam bus dalam kondisi berdiri.

"Rek ini beneran bus patas taa? la kok berasa kayak bus kota full gini?"

"Ini seriusan busnya ga bakal stop sampai di terminal arjosari, gempor lah kita cewek-cewek berdiri 3 jam!"

Udah deh kita panik berlima, masa iya cewek-cewek malem pula naik bus ga dapet duduk pula. Kebayang 3 jam berdiri, malah kita udah capek banget dari pagi jalan mulu. Akhirnya setelah berdiskusi kilat kita minta diturunin. Si bapak supir bikin kita ragu lagi gara-gara dia bilang ini bus patas terakhir tujuan Malang. Lah kita juga bingung kan, tapi daripada ga nyaman, menderita dijalan, takut copet juga yaudah mending turun aja, masalah pulang entaran deh.

Diturunin lah kita sama si bapak. Panik, bingung sekarang gimana kita berlima mau pulang. Soalnya tadi kata si bapak itu bus patas terakhir. Awalnya kepikiran mau nginep dirumah saudara salah satu temenku, tapi ada temen aku yang lain besoknya ada acara. Bingung dah, masa iya kita mau misah-misah.
Ditengah kegalauan dan kepanikan, tiba-tiba ada mas-mas yang nawarin travel ke malang tapi harganya itu cukup mahal menurut kami, maklum anak kos, apa-apa mesti perhitungan.

Bingung banget masa iya mau naik travel, mahal dan ga dianterin ke kos lagi, abis itu tampang mas travelnya kok serem gitu ya, kita nya udah nethink duluan. Karna kita kelamaan mikir, akhirnya sama mas mas travel itu ditinggal lol.

Bingung lagi, yauda deh daripada ga jelas gimana mau pulangnya, apalagi kita cewek-cewek mau lama-lama diterminal itu horror banget, akhirnya kita kejar itu si mas travel niatnya sih mau nawar harga dulu wkwk. Pas kita lari-lari nyari si masnya, tiba-tiba udah ngilang aja dah. Ya Allah cobaan hidup gini banget. Bingung kan udah gatau ga bisa mikir lagi.

Ditengah-tengah kebingungan itu, tiba-tiba dari pintu masuk terminal itu datang bus patas tujuan Malang. KOK BISA ADA TADI BUKANNYA UDAH TERAKHIR YA?

Akhirnya kita buru-buru nyegat busnya sebelum masuk gate lol, jadi ikutan menjadi warga Indonesia yang tidak taat aturan. Tapi mau gimana lagi, kita cewek-cewek strong tidak baik berlama-lama diterminal, butuh pulang cepat dengan aman dan selamat. Fortunately kita masuk lewat pintu belakang bus, dan kita semua dapat tempat duduk, oh thanks God. Di bus sebelumnya kita lewat pintu depan dan itu bener-bener crowded, jadi tips buat kalian yang berburu kursi bus, mending lewat pintu belakang.

Akhirnya kita dapet tempet duduk dalam bus, bisa tidur dengan tenang, walaupun mesti was-was karna busnya tetep aja full. Ini sih bus patas rasa ekonomi. Untungnya tadi kita sempet ngejar mas travel, kalo ga, ga bakal tau masih ada bus patas tujuan Malang. Berarti supir bus yang pertama boong banget ya ckck.
Buat bapak supir bus yang pertama, kami tau bapak mungkin berbohong buat nyari duit, tapi ga gitu juga dong pak -,-, rezeki udah di atur sama Allah kok, ga perlu bohong juga.

Jadi kesimpulan yang bisa dipetik dari perjalanan ini adalah bagi kalian yang merencanakan keluar kota atau jalan-jalan, kalau emang tanggalnya udah fix mending jauh-jauh hari, kalau bisa H-7 udah pesen tiket kereta, biar ga kehabisan. Kalau apes harus naik bus, masuk dari pintu belakang jangan depan, soalnya yang depan rame banget dan biasa si copet suka beraksi.

Terakhir alhamdulillah kita sampai kos dengan selamat. Penuh perjuangan banget hari ini haha. Thank you  for this unforgettable moment, whether is good, or bad, i'm so happy as long as i go with you guys.