Kesempatan dan Kepercayaan

10:27 AM



I usually give people more chances than they deserve, but one i'm done, i'm done.

Hari ini aku baru aja dapat pelajaran baru, tentang kepercayaan dan kesempatan. Percaya itu perlu, dan harus. Terutama dalam kehidupan sehari-hari, perkuliahan, atau kerjaan. Jujur dulu aku orangnya susah percaya sama orang lain, suka berpikiran negatif tentang orang, semoga sekarang ga. Mungkin karna sering dikecewain, jadi mau percaya sama orang itu susah. Apalagi kalo udah kasi kesempatan, dan ternyata dia ga memanfaatkan kesempatan yang ada, pasti males juga. Sometimes semakin banyak kesempatan yang kamu berikan, semakin berkurang sikap respek dia ke kamu. They think they still have another chance when you let them being comfortable with you.

Sebagai salah satu contoh ketika ada tugas kelompok. Kamu udah kasi kepercayaan ke anggota-anggota mu buat mengerjakan bagiannya masing-masing. Kamu udah yakin mereka pasti bisa, hasilnya pasti bagus dan maksimal, pokoknya kamu ga usah terlalu terbebani karna ada anggota lain yang bisa bantu kamu.
Eh tiba-tiba hasil yang mereka kerjakan tidak sesuai ekspektasimu. Kamu udah minta mereka revisi, tapi tetep aja hasilnya salah atau ga sesuai. Akhirnya kamu pun rela stress sendiri, mikir sendiri, mengerjakan semuanya sendiri, hanya gara-gara ga puas dengan hasil yang temenmu kerjakan.

Ya aku pernah berada diposisi itu. Kadang sebel sih, mau ngingetin trus, ngasi tau trus juga capek. Kadang buang-buang waktu, dan selalu mikir lebih baik semua dikerjakan sendiri biar cepet selesai.

Hasilnya kalau dikerjakan sendiri emang bagus sih, puas, dan sesuai sama apa yang kita mau. Tapi apa itu arti kerja team yang sebenernya? Hanya pemikiran satu orang? 
Bagi kita sih bagus. Tapi gimana menurut anggota yang lain? Apa kita ga pernah memikirkan perasaan mereka yang mungkin sudah usaha maksimal tapi idenya ga digunain, hanya sebagai sisipan, sedih lah, merasa ga dihargai. Never lose an opportunity to see the good in someone. People maybe better than you, give them a chance to prove themselves. When you give others a new chance, a new chance is really being given to you.

Kesempatan.

Penting banget kasi kesempatan ke orang lain. Beberapa hari ini aku ngerasa gimana rasanya ga dikasi kesempatan dan kepercayaan ketika ngerjain sesuatu. Ternyata gini rasanya. Berasa keberadaanmu itu ga penting, ga bisa ngebantu. Padahal tugas yang harus partnermu selesaikan itu super banyak, bikin stress, dan bikin pusing sendiri, tapi dia nya ga mau ngasi kesempatan ke orang lain yang mau bantu buat meringankan bebannya. Mungkin dia pikir kemampuan partnernya itu ga bagus, atau mungkin dia merasa ga enak ketika harus menyalahkan partner kerjanya kalau pekerjaan dia ga sesuai ekspektasi. Padahal pemimpin yang baik itu harus tegas, berani berkata jujur, biar orang yang salah itu bisa memperbaiki dirinya, bisa belajar.

Makanya itu, memberi kesempatan dan kepercayaan kepada orang lain itu penting. Mau dia sahabat kamu, temen kamu, bawahan di kantor, pokoknya semua orang. Jangan berburuk sangka dulu sama orang dengan langsung nge judge kalo dia itu ga bakal mampu. Kalaupun hasil kerjaan dia ga sesuai sama apa yang kamu mau, mending langsung bilang ke orangnya dengan jujur. Lagian ngapain juga memberatkan pekerjaan diri, kalau bisa dibagi dan dikerjain sama-sama, kenapa ga.

People are sometimes really different from what you first think. Give them a chance. Just believe your partner team. When she/he do something wrong, tell them honestly. Karna sekecil apapun kepercayaan yang kamu kasi, sekecil apapun kesempatan yang kamu berikan, aku yakin orang itu bakalan seneng dan ngerasanya bahwa kehadirannya itu berguna, merasa lebih dihargai.


You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram