Krisis Empati

8:51 AM


"Always put yourself in others shoes. If you feel that it hurts you, it probably hurts the other person, too. Not everyone think the way you think, knows the think you know, believes the things you believe, nor acts the way you act"

Krisis empati, itu yang kadang aku rasain sekarang ini. Sangat jarang ada orang yang bisa menjadi pendengar yang baik. Banyak orang yang menyalahkan orang lain atau cenderung meremehkan orang lain ketika dia sedang berada dalam masalah. Kalau emang kamu ga bisa bantu, setidaknya jadilah pendengar yang baik.
Pernah sekali, eh atau mungkin beberapa kali. Ketika lagi ada masalah, hal yang pertama kamu lakuin pasti cari temen buat cerita dan minta pendapat atau solusi. Ada beberapa dari mereka yang mungkin menjawab
"yaelah gitu aja"
"lemah"
"Gitu aja dipikirin"
atau
"kamu sih mending, masalah aku lebih berat"
Aku paling sebel nih sama orang yang kek gini. Yang selalu menganggap bahwa kehidupannya lebih berat, masalahnya lebih berat, menganggap masalah orang lain ga penting dan sepele menurutnya. Padahal tingkat kemampuan seseorang yang menghadapi suatu masalah itu beda-beda. Mungkin kamu lebih superior bisa selalu tahan tiap ada tekanan, tapi yang lain belum tentu sama. Apa yang menurut kamu mudah, belum tentu menurut dia juga mudah.

Makanya itu ketika ada sahabat atau temen yang curhat, harusnya kita bisa memberi saran dengan terlebih dahulu memposisikan diri kita sebagai dia. Walaupun mungkin kita ga punya saran, setidaknya jadilah pendengar yang baik buat dia, tunjukin sedikit rasa empati kita ke dia.

You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram