Terciduk!

9:31 AM


Beberapa hari yang lalu aku pergi ke toko buku sekitar jam 14.00 siang. Waktu itu kebetulan belum makan dan minum apa-apa dari pagi, berasa kaya lagi puasa. Karna males kalo pulang dulu, akhirnya nekat aja tu ke toko buku dalam keadaan perut keroncongan.

Karna perut bener-bener kosong akhirnya belanja jadi lemes dan ga fokus. Ngerasa udah ga kuat lagi akhirnya memutuskan buat balik aja ke kos dan cuma dapet belanja notebook doang. Abis itu aku ngatri dah dikasir. Waktu itu kondisi kasir ga terlalu rame, paling cuman 2-3 orang yang ngatri. Trus di depan aku ada 2 orang anak SMA berseragam cewek sama cowok yang lagi ngatri juga. Karna udah mau giliran aku akhirnya ngeluarin dompet dan uang 50 ribu buat bayar belanjaan aku.

Si anak SMA cowok yang antri di depanku ini tatapannya agak aneh gitu ke aku. Kayak ngeliatin seakan gamau terciduk atau ketauan gitu. Awalnya aku mikir ini apa aku salah ngantri apa gimana ya, salah apa diliatin gitu, akhirnya karna merasa curiga aku pindah aja tuh diantrian depan karna lagi kosong juga.

Nah pas giliran mau bayar, baru sadar duit 50 ribu yang tadi aku keluarin dan jelas-jelas aku pegang HILANGGG. 
Panik kan, lumayan lah itu duit 50 ribu, bisa-bisanya aku ceroboh ngilangin duit hanya dalam waktu seper sekian detik.
Aku mikir lagi apa iya tadi sempet ngeluarin duit, kali aja lupa. Tapi inget banget tadi itu beneran ngeluarin duit kok :,)
Akhirnya aku celingak celinguk ke samping, depan, belakang, sambil ngeliat apa ada kertas biru alias duit yang jatuh. 

Nahhh pas banget pas aku ngeliat ke antrian belakang ada si anak SMA cowok tadi yang gelagatnya aneh itu. tiba-tiba dia nunduk kearah bawah lantai trus ngambil duit 50 ribu yang sebelumnya tersebunyi di deket kakinya dengan ekspresi santai masukin tu duit ke kantong sakunya.

Aku yakin banget dah kalo itu duit aku yang jatuh tadi, akhirnya aku samperin tu anak.

"maaf itu kayaknya uang saya yang jatuh 50 ribu"

Dengan polosnya dan tanpa klarifikasi atau sanggahan dia jawab
"oh iya ini" sambil ngeluarin duit yang tadi udah dimasukin ke kantongnya.

eaaaaaa TERCYDUK

***

Setelah kejadian itu aku jadi mikir ternyata orang jujur di dunia ini sangat-sangat langka. Aku ga marah sih sama si anak SMA tadi itu, cuma aku heran aja gitu padahal jelas-jelas dia tau itu uang aku yang jatuh, tapi dia ga ngingetin dan bersikap seolah-olah ga ada kejadian apa-apa. 

Sekecil apapun sikap kejujuran yang kita punya, yakin deh Allah bakal balas sesuatu yang lebih baik dan pantas buat kita. Karna kan itu barang bukan milik kita, bukan rezeki kita, ya kalau yang kehilangan merasa ikhlas sih ga apa-apa, tapi kalau ga kan jadinya kita menikmati barang haram.

Semoga besok-besok kuantitas orang jujur di dunia ini semakin banyak ya. Gimana mau percaya dan dipercaya sama orang, kalau hal se simpel itu aja sudah ga dimiliki sejak dini, mau jadi apa nanti pas udah dewasa. Semoga perkiraanku ke adik itu cuma perasaanku aja, mungkin dia beneran ga tau kalo itu duit aku.

Terakhir jangan pernah jalan-jalan dalam keadaan perut kosong :')


You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram