Holiday in West Sumbawa

5:23 AM


Beberapa hari yang lalu aku baru aja dapet masalah yang harus segera diselesaikan. Karena ini masalah urgent banget dan gabisa ditunda, mau nggak mau aku musti pulkam saat itu juga. Kalau pulkamnya masih antar provinsi nggak apa-apa lah ya, ini beda provinsi!

Panik dan sempet kena omel orang tua, akhirnya buru-buru pesen tiket buat ke Lombok hari minggu tangal 8 oktober. Kalo ke Lombok aja oke lah ya cuma sejam jam doang dari Surabaya. Nah ini aku musti ke Sumbawa! Sumbawa jauh cuy, menyebrangi gunung, laut, dan samudra. 

Kalo kata mama, semua masalah yang ada dalam hidup itu sudah kehendak Tuhan. Mungkin ini salah satu cara Allah biar aku nggak sumpek kuliah mulu, makanya dikasih masalah ini biar bisa travelling. Ya udah dengan berat hati rela deh bolos kuliah 3 hari, padahal tugas lagi numpuk dan hectic banget.

Apapun masalah dalam hidup rasanya ada aja sisi positifnya kalau kita selalu bersyukur dan ikhlas. Kalau nggak gini kan aku nggak bakal jalan-jalan!

Minggu, 8 Oktober 2017


Sebenernya jadwal tiket penerbangan berangkat jam 15.00. Tapi berhubung hari itu weekend dan takut macet, jadi musti berangkat dari Malang ke Juanda jam 09.00 pagi.

Aku udah menduga sih kalau nyampenya lebih cepet. Akhirnya buat mengantisipasi kegabutan aku bawa laptop dan beberapa tugas yang sekiranya bisa dikerjaan waktu lagi nunggu. Walau liburan kita nggak boleh meninggalkan tanggung jawab, harus selalu produktif :')

Aku nyampe di Juanda sekitar jam 12.00 WIB sedangkan ayah aku sampe di Juanda sekitar jam 13.00 WIB. Kebetulan beberapa minggu lalu ayah aku lagi cuti dan emang jadwal minggu ini buat balik ke Sumbawa, jadinya kita bisa berangkat bareng.

Jam 15.00 WIB langsung berangkat, tumben banget nggak ada delay. Perjalanan dari Juanda ke Lombok ditempuh dalam waktu 55 menit. Jadi kita sampai di Lombok sekitar jam 17.55 WITA (ada perbedaan waktu sejam antara Surabaya dan Lombok)

Look at those beautiful sky


Perjalanan dari BIL (Lombok Internatonal Airport) ke kota Mataram kira-kira memakan waktu 45 menit. Jadi aku sama ayah sampai dan check in hotel nggak malem-malem banget. Selama perjalanan aku nggak bisa tidur dan nggak mau tutup mata saking kangennya sama Lombok! Rasanya pengen banget menikmati semua momen di jalan. Kangen waktu masa-masa SMA. Kangen jalanannya, kangen suasananya, gunung, sawah, pantai,makanan, semuanya!

Setelah sampai di Lombok karna kita udah laper akhirnya langsung  ke Epicentrum Mall buat cari makan. Males banget cari makan ribet-ribet jadi cari yang cepet aja hehe.

anak kos yang seneng karna makan enak

Abis makan karna udah capek banget akhirnya aku dan ayah memutuskan langsung balik aja ke hotel buat istirahat. Berhubung ayah udah capek akhirnya tidur duluan, tapi karna aku merasa kalo tidur cepat itu mubazir akhirnya sempet-sempetin ngerjain tugas. Every second is important for architecture student :')

Senin, 9 Oktober 2017


Setelah sarapan, check out, dan lain-lain akhirnya kita berangkat dari Mataram menuju Kayangan; kayangan merupakan pelabuhan penyebrangan yang menghubungkan pulau Lombok dan Sumbawa. Hari ini kita rencananya mau langsung ke Sumbawa. Perjalanan dari Mataram ke Pelabuhan Kayangan ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. 

Untuk menuju pulau sumbawa sebenernya ada 2 jenis transportasi yang bisa digunakan. Transportasi pertama adalah kapal umum; seperti kapal ferry dan jenis kapal yang bisa digunakan masyarakat umum, dan transportasi kedua adalah speed boat.

Kalau menggunakan transportasi kapal umum, penumpang langsung turun di Sumbawa bagian mana entah lupa, bukan Sumbawa Barat. Sedangkan rumah aku ada di Sumbawa bagian barat. Kalau naik speed boat, penumpang akan diturunkan ke Sumbawa Barat. Speed boat ini biasanya hanya bisa digunakan oleh orang-orang tertentu, kebanyakan sih karyawan yang bekerja di daerah tersebut. Jadi untuk orang umum mungkin agak sedikit susah dan juga harus membayar lebih mahal kalau mau menggunakan transportasi ini. 

Speed boat ini sebenernya emang ditujukan buat karyawan yang bekerja di perusahaan pertambangan yang ada di Sumbawa Barat. Supaya lebih memudahkan aksesibilitas karyawan makanya mereka difasilitasi transportasi speed boat ini dengan gratis. Karena ayahku karyawan disana, tentunya kalau naik boat bisa gratis hehe. Aku juga kurang suka naik kapal umum soalnya kotor, banyak asap rokok, berasa kurang safety dan selalu was-was gitu kalau cuaca buruk.

Speed boat menuju Pulau Sumbawa

Lanjut cerita, jam 10.00 WITA boat langsung berangkat meninggalkan pulau Lombok. Perjalanan dari Lombok ke Sumbawa ini kira-kira ditemput selama kurang lebih 2.5 jam. Momen-moen perjalanan seperti itu harusnya dipakai buat tidur, tapi lagi-lagi aku gabisa tidur saking pengennya menikmati semua view selama perjalanan.

belum siap tapi viewnya bagus :')







Akhirnya setelah perjalanan selama 2.5 jam sampai juga kita di Pulau Sumbawa. Nggak bisa berkata apa-apa. Kangen, kaget, seneng, sedih rasanya jadi satu deh. Maklum udah 2 tahun nggak pulkam. Selama 2 tahun nggak pulkam rasanya banyak banget yang berubah. Orang-orangnya, bangunan, pantainya, gunung, viewnya, ah gabisa diucapin satu-satu deh yang jelas aku bersyukur banget pernah ngerasain tinggal di pulau eksotis ini selama kurang lebih hampir 15 tahun. My childhood memories :,)







Itu dia beberapa potret indahnya Pulau Sumbawa. Untuk cerita lebih lebih lengkap mungkin bakalan aku post di tulisan berikutnya ya, karna ini udah panjang banget dan aku harus menyicil tugas-tugasku tercinta. See you on the next post~





You Might Also Like

2 komentar

  1. I look forward to going there once, looks great!
    vex 3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes you should! Sumbawa is such a beautiful place 😍

      Delete

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram