Melihat dari Dua Sisi

4:41 PM


"Bila kita ingin melihat sesuatu secara utuh maka liatlah sesuatu itu dari berbagai sisi dan sudut pandang".

Akhir-akhir sepertinya aku sadar kalau aku salah mengambil keputusan. My bestfriend said sebenernya gaada pilihan yang salah. Semuanya itu tergantung gimana kamu ngejalaninnya. Serius kah? Kalau ga niat berarti bukan pilihannya yang salah, tapi ya emang kamunya aja yang ga berusaha memaksimalkan pilihan yang ada (sepertinya aku pernah menulis kata-kata ini di post sebelumnya tapi yaudalah).

Kadang aku sebel sama diri aku yang mudah terpengaruh. Ketika orang lain bicara tentang satu sisi negatif aku langsung aja percaya, down, trus akhirnya ga yakin sama pilihan pertama tadi cuma gara-gara 'kata orang'. 
Padahal aku sendiri yang selalu bilang 

'jangan melihat hanya dari satu sisi'
'jangan hanya denger dari satu sisi'

Ketika kamu meminta saran dengan orang yang belum berhasil gara-gara pilihan yang dia ambil otomatis saran yang dia kasi pasti lebih cenderung ke arah negatif. Menyalahkan pilihan yang dia punya. Padahal kamu ga tau apa emang bener dia udah berusaha maksimal? Apa emang bener yang salah itu pilihannya bukan pada dirinya?

Berbeda lagi kalau kamu minta saran sama orang yang berhasil. Dia pasti bakalan ngejelasin gimana baik dan bagus pilihan yang dia pilih itu. Pasti dia bakal lebih banyak mengutarakan sisi-sisi positif dari pada negatifnya.

Contohnya aja nih dalam menilai sebuah desain, kita ga bisa ngeliat keindahan suatu desain itu hanya dari satu sisi. Misal ada arsitek A mendesain sebuah gedung, dari depan bagus banget lah. Akhirnya kita langsung menyimpulkan kalau gedung itu bagus karna emang dari tampak depannya sudah terlihat bagus. Kemudian ada arsitek B, dari tampak depan biasa aja, ga ada yang bagus, akhirnya orang-orang menyimpulkan kalau desain si arsitek B ini jelek hanya karna dari depan terlihat jelek. 
Nah ternyata setelah di teliti dan dilihat dari sisi yang berbeda, desain si A itu hanya bagus diluar doang. Setelah dilihat tampak samping, denah, dan potongannya jauh dari kategori desain yang bagus atau layak. Lain hal nya dengan desain si B, dari tampak depan terlihat biasa aja, tapi setelah melihat dari sisi lain, denah, tampak, potongan ternyata desainnya lebih masuk akal, lebih bagus, lebih keren lah ya.

...

Jadi kesimpulannya jangan jadi orang yang subjektif, hanya menyimpulkan sesuatu dari pendapat satu orang. Jangan buru-buru menilai sesuatu apalagi kalau itu negatif dan sumbernya hanya dari 'kata orang'. Jangan hanya melihat suatu hal itu hanya dari satu sisi, tapi lihat dari sisi yang berbeda supaya yang kamu lihat itu bukan hanya sebagian, tetapi menyeluruh. Karna itu sih kenapa dalam mengambil keputusan harus meminta saran sama orang yang berbeda. Selain minta pendapat ke orang yang pernah gagal juga harus ke orang yang pernah berhasil.

Mungkin memang sudah karakter alami manusia yang mudah hilang ketika sudah berhadapan oleh suatu masalah dia bakalan mencari kebeneran, mencari saran, dan mencari keyakinan akan pilihannya yang terkadang justru malah bikin dia semakin ragu. Tapi kembali ke diri orang itu sendiri, mau terus melihat dari sisi gelap atau mencoba mencari pendapat lain.

"Because there's is always two sides to every story"

You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram