How I Reduce My Pimples & Dark Spots

5:16 AM


Akhir-akhir ini entah kenapa muka aku jadi lebih sensitif dan mudah jerawatan. Kayaknya sih karna faktor stress dan mager ngebersihin muka, akhirnya jerawat-jerawat mulai muncul di wajah. Jerawat ini munculnya ga langsung banyak gitu, tapi sedikit-sedikit. Setelah jerawat satu nya ilang eh muncul jerawat lainnya yang awalnya hanya berupa beruntusan akhirnya lama-lama jadi jerawat.

Padahal tipe muka aku kering dan emang dari dulu jarang banget jerawatan. Kalau pun jerawatan paling hanya jerawat hormonal yang biasa muncul pas mau halangan. Sebel nya itu jerawat di muka ku bekasnya lama banget hilang, kira-kira bisa 2-3 minggu baru bener-bener ilang. Dan bekasnya itu keliatan banget berupa dark spot di muka. Stress lah ya, padahal kalau lagi jerawatan ga boleh stress karna justru akan memperparah jerawat. Ada lagi kebiasaan buruk yang ga bisa hilang, aku suka banget megang jerawat, akhirnya ya gitu kulit yang sehat jadi ikutan jerawat juga.

Akhirnya aku nyoba beberapa skincare yang menurut aku bagus banget. Ampuh buat ngilangin jerawat dan bekasnya. Oh iya post ini mungkin bakalan selalu aku update kalau aku nemu skincare atau produk penghilang jerawat yang bagus lainnya.

Pertama-tama yang perlu diperhatikan:
  1. Semua skincare yang aku review ini bukan sponsored post or endorse! Yaiyalah siapa juga kali yang mau endorse. Jadi semua skincare ini bener-bener aku cobain satu-satu dan kalau ga bagus ga bakal aku rekomendasi.
  2. Jenis kulitku cenderung normal-kering. Skincare yang cocok di kulit ku belum tentu cocok di orang lain meskipun jenis kulit kita sama. Semua tergantung gimana jenis kulit kita masing-masing, bagaimana kita memakai produk tersebut, seberapa sering kita membersihkan wajah, hormon, dan juga faktor nutrisi serta stress juga bisa bepengaruh.
  3. Skincare ini ga tiap hari aku pakai, jadi tergantung sama kondisi kulit. Kalau jerawat lagi muncul biasanya aku pakai tiap hari, tapi kalau jerawat udah mulai hilang aku bakalan ngurangin pemakaian dari beberapa skincare ini.
  4. Skincare ini makainya juga ga urutan gitu, jadi aku makainya sesuai mood dan kalo emang lagi ngeasa butuh. Jadi kalian bisa coba salah satu dari skincare ini sesuai kebutuhan, trial end error mana yang paling cocok!
  5. I'm not professional beauty blogger, jadi mohon maaf kalau mungkin ada kesalahan dalam pemakaian produk atau lainnya. Aku hanyalah reviewer abal-abal dengan ke sotoy an tingkat dewa dan hanya bermodalkan google buat cari tau.
 Langsung aja ini dia beberapa skincare yang sering aku gunakan ketika lagi jerawat! Aku review sesuai urutan favorit aku, yang paling bawah so far menurutku paling bagus.

1. Ovale Facial Lotion (Toner)


Toner dari ovale ini biasa aku pakai sebagai second cleanser setelah memakai make up remover. Kandungan alkohol pada toner ini sangat kuat jadi buat yang sensitif sama produk yang mengandung alkohol tidak disarankan buat pakai ini. Sebenarnya produk beralkohol juga ga bagus buat tipe kulit kering, cuma entah kenapa setelah make produk skincare yang ada kandungan alkoholnya jerawat aku jadi kempes dan cepat memudar. Toner ini juga ga aku pakai tiap hari, hanya aku pakai pada waktu-waktu jerawat lagi muncul aja. Kalau yang aku punya ini varian lime (anti acne) dan lemon (brightness). Extract lime bagus banget buat ngempesin jerawat, sedangkan yang lemon bagus untuk memudarkan bekas jerawat.

2. Hilmalaya Face Wash & Mask


Beberapa minggu yang lalu aku dan temen aku lagi nyari-nyari skincare drugstore yang murah dan bagus buat acne treatment. Akhirnya temenku nyaranin buat nyobain facial wash dan mask dari Hilmalaya. Aku udah nyoba pakai produk ini sekitar 2 minggu an dan so far bagus terutama mask nya. Pertama kali pakai mask nya itu perih dan panas banget, aku khawatir kulit aku bakal ga cocok, ternyata kata temen aku emang gitu sih efeknya. Cuma pas mask ini udah mau kering, rasa panas dan perihnya ga terasa sama sekali, dan setelah di bilas muka keliatan banget jadi terasa lebih bersih, lembut, tenang. Aroma dari mask dan facial wash nya aku suka banget, seger! Selama memakai 2 produk ini aku ngerasa jerawat di wajah aku mulai agak ilang walaupun ga terlalu signifikan, jadi buat yang cari skincare murah dan berkualitas produk ini patut buat dicoba!

3. COSRX Pimple Pad


Berawal dari melihat review salah satu vlogger terkenal di youtube yang nyobain skincare ini dan katanya bagus banget buat ngilangi bruntusan, jerawat, dan bekasnya. 

Ternyata

Emang bener!

Bener banget ini produk favorit banget lah. Waktu itu muka aku kebetulan lagi ada bruntusan gitu di jidat lumayan banyak ada kali 12 (sampe diitungin). Akhirnya beli ini skincare dan nyoba dipakai setelah abis cuci muka. Bentuknya kayak exfoliate toner gitu jadi ada bagian kasar dan halus. Pertama aku pakai yang bagian kasar dulu, trus baru yang halusnya. Setelah pakai cosrx ini aku ga pakai apa-apa lagi, langsung tidur. Keesokan harinya gila itu bruntusan perlahan ilang cuy!

Harga skincare ini cukup mahal sih tapi worth banget lah sama kualitasnya, dan isinya juga banyak sekitar 90 lembar. Aku punya cosrx ini dari udah dari 5 bulan lalu sampai sekarang masih belum habis. Skincare ini kayaknya emang cocok dipakai pas kulit kita lagi bermasalah. Soalnya aku pernah nyobain pakai pas kulit aku baik-baik aja, dan besoknya ga ada efek apa-apa. Satu hal yang aku ga suka dari produk ini adalah aromanya. Ga tau itu alkohol atau kandungan bahan kimianya, pokoknya aromanya kuat banget jadi agak menggangu, tapi hasilnya beuh TOP deh!

4. OXY 5


OXY 5 ini merupakan mengandung 5% benzyl peroxide. Seperti yang kita tahu benzyl peroxide adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat, membunuh bakteri, mengurangi inflamasi, dan membuka pori-pori kulit yang tertutup. Ini ampuh banget sih buat jerawat yang gede, malem diolesin paginya langsung kempes. Cuma harus agak hati-hati pakai ini soalnya menurutku 5% itu kandungannya kuat banget dan bisa bikin kulit iritasi atau terbakar kalau pakainya ga sesuai aturan. Jadi OXY 5 ini sebaiknya dipakaipas emang bener-bener ada jerawat, bukan untuk penggunaan skincare harian.

5. Nature Republic Aloevera Gel


Produk yang sangat hitz di Korea bahkan juga di Indonesia. Aloe Gel dari Nature Republic ini emang produk yang keren deh, sumpah kalau ketemu sama yang bikin pengen salim dan berterima kasih. Menurutku ini skincare yang serba guna banget. Bisa buat badan, muka, rambut, pokoknya semua anggota tubuh. Bisa jadi masker wajah, masker rambut, pelembab, sleeping mask, body lotion, masih banyak lagi deh. Biasanya aku pakai natrep ini sebelum tidur sebagai sleeping mask. 

Natrep ini aku olesin dimuka, trus dibawa tidur dan besok paginya baru di bilas. Paginya pas bangun muka itu rasanya lembut, lembab, lebih cerah, jerawat juga memudar, pokoknya keren banget sih. Aku bisanya kalau pakai skincare ini kayak orang gila, make nya bener-bener super banyak dan besoknya itu bener-bener kering kaya ga pakai apa-apa dimuka jadi aloe gel nya bener-bener nyerap di muka. Apalagi kulitku tipe kulit kering yang butuh banget produk skincare yang bisa melembabkan, jadi ini natrep bener-bener rekomen banget buat yang punya tipe kulit cenderung kering!

6. Jelly Gamat Gold G

cuma bawa versi mininya :(
Dari semua produk skincare yang aku coba ini adalah favorit, penyelamat hidup, apalah pokoknya ini keren banget! Sebenernya ini bukan skincare, tapi dengan ke sotoy an tingkat dewa aku jadiin aja ini skincare, dan hasilnya gilaaaaa ngalahin skincare mahal!

Semua bermula ketika waktu itu aku lagi kena cacar. Bentol-bentol cacar mulai muncul dimuka, jerawat aku juga ada beberapa yang belum sembuh, muka jadi gradakan, dan kondisi itu bikin aku super stress!

Iseng-iseng nonton youtube dan inget kata salah satu beuaty vlogger terkenal, Kak Suhay Salim yang pernah bilang:

"ketika kulit kamu lagi sakit, satu-satunya obat atau skincare yang bagus buat kulit kamu adalah yang bisa tubuhmu juga bisa nerima"

Ya intinya dia bilang gitu. Maksudnya adalah ketika kondisi kulit kamu bener-bener dalam keadaan kritis, sakit, sensitif, saat itulah kamu harus berhenti pakai semua produk-produk yang mengandung bahan kimia, tapi pakai produk yang emang bener-bener menganduk sedikit bahkan kalau bisa tanpa campuran bahan kimia dan kalau diminum tubuh kamu juga bisa nerima obat itu.

Mikir lah ya dimana cari produk skincare yang kalau dimakan ga bikin kita mati -,-

Tiba-tiba keinget dikulkas ada obat maag, iya ini obat maag yang biasa aku minum! Kata mama ini obat bagus banget bisa menyembuhkan luka gitu. Jadi om aku pernah operasi dan pasca operasi dia selalu minum obat ini dan ngolesin ini obat ke lukanya. Alhasil dalam waktu 2 minggu luka dia langsung kering gitu. Nah kata mba-mba apotek ini obat cocok banget buat penderita maag karna obat ini bekerja dengan cara mempercepat pematangan luka gitu. Ibarat kalau jerawat ini obat mempercepat jerawat itu mateng jadi sembuhnya lebih cepet juga.

Kalian bisa searching di google kandungan yang ada di gold g jelly gamat ini apa aja. Yang aku tahu sih jelly ini mengandung lendir teripang (timun laut) yang katanya banyak mengandung protein, kolagen, mucopolysaccharic (ini apa dah?) masih banyak lagi sih.

Kalau menurut google ini jelly gamat manfaatnya banyak banget, ini aku sebutin aja ya biar pada tau kali aja netizen males searching:
  • alzheimer, asam urat, asam lambung,
  • alergi, angin duduk, 
  • anoreksia,
  • asma, anemia, 
  • batuk (segala jenis batuk), 
  • biduran, batu ginjal, batu ampedu, 
  • bronkitis, bintitan, bell's palsy, 
  • bopeng, bulimia, buta warna, 
  • cacar air, cacar kering, 
  • campak, cegukan, chikungunya, 
  • demam, disentri, diabetes, 
  • epilepsi, hepatitis, 
  • gonore,
  • hidrosefalus, haid tidak lancar, hipertensi, 
  • jerawat, bopeng, keloid, luka bakar, luka operasi, 
  • keputihan, konstipasi, sembelit,
  • maag akut dan kronis
  •  nyeri pinggang, sinusitis, panu, kadas, kurap, penyakit jamuran, penurunan kolestorel tinggi, 
  • polip, polio, radang sendi, 
  • reumatik, mioma uteri, 
  • dll
Gila banyak banget kan ya! Awalnya aku sempet ragu dan ga percaya sama khasiat obat yang kayak gini. Tapi setelah aku pakai waktu itu kondisi kulitku lagi sakit cacar, besoknya cacar ku kayak kempes dan gajadi besar gitu, trus jerawat aku juga jadi cepet matang. Kalian mungkin ga percaya kalau aku lagi kena cacar, karna emang di muka, dan tangan aku ga ada bekasnya sama sekali, bahkan jerawat juga ikut mateng dan hilang. bener-bener hilang gara-gara aku minum dan rajin olesin ini jelly kayak orang gila! Ya kurang lebih sama kayak natrep , sering aku jadikan sleeping mask.

Gemes banget dari dulu pengen share obat ini karna emang manfaatnya banyak banget ingin menangis dan salim tangan orang yang bikin ini obat. Harganya itu sekitar 180 rb mama aku biasanya beli di apotek, cuma ini emang susah dicari sih. Kalau mau yang aman dan ga palsu coba beli di distributor resminya aja udah banyak banget yang jual.

Sampai sekarang aku masih pakai ini jelly kadang aku minum kalau maag aku lagi kambuh. btw maag aku ga akan pernah sembuh karna aku ga bisa makan tanpa sambel pedes yah you know lah! dan jelly ini juga selalu aku pakai sebagai sleeping mask, masker, dan gel kalo lagi jerawatan ataupun pas lagi ga jerawatan.

Jadi intinya ini worth banget mau dijadikan obat atau skincare. Aku aja kadang sampe ga percaya bisa sembuh dari cacar diumur 21 tahun dalam waktu seminggu tanpa ada bekas. Cukup deh meracuni dengan obat ini silahkan coba sendiri aja hehe

source: google


Maaf fotonya dari google, punya aku ketinggalan dikos, dan biasa bawa yang udah aku masukin ditube-tube kecil gitu biar ga menuhin bawaan kalau lagi pulkam. Itu dia skincare dan obat yang biasa aku pakai dalam mengatasi masalah kulit terutama jerawat dan bekasnya. Semoga tips ini bermanfaat. Inget ga semua yang dipakai di aku bakal cocok sama orang lain. Oh ya yang paling penting kalau kita lagi jerawatan jangan sekali-sekali dipegang, dipencet, walaupun godaannya luar biasa. Terakhir kurangi stress!













You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram