Mencoba Keluar dari Zona Nyaman

10:03 AM


Halo semua! Hari ini rasanya ingin menulis sesuatu yang sudah lama pengen diceritakan, hehe sebenernya sih ini cuma pelarian diri dari ke mageran untuk mengerjakan skripsi.

Aku mau cerita, jadi semester lalu (semester 7) aku magang di salah satu biro arsitektur punya salah satu senior di jurusanku. Nama bironya Studio Ataputih, kalian bisa cari aja di instagram kalau kepo.

Awal mulanya ga pernah terpikirkan sama sekali untuk magang saat masih menjalani perkuliahan. Secara tugas studio lagi banyak dan lagi hectic-hecticnya, ada laporan KKN yang harus diselesaikan juga disemester itu, ditambah lagi aku menjadi salah satu asisten dosen untuk membantu penelitian tesis beliau.

Waktu itu salah satu senior tiba-tiba menawarkan kesempatan buat menjadi team landscape di biro ini. Awalnya aku ragu. Ragu sama kemampuanku sendiri, ragu sama kepercayaan diri, ragu untuk keluar dari zona nyaman.
Takut minder sama yang lain, ntar kalau aku yang paling ga bisa apa-apa gimana.Takut awkward atau krik krik gitu ga sih, soalnya aku kurang akrab dengan orang-orangnya. Apalagi aku tipe orang yang 'sangat-sangat introvert' dan susah banget buat akrab dengan orang-orang baru.

"Kayaknya ga usah dulu deh ya magangnya, fokus kuliah aja dulu, lagian jadwal semester ini juga bener-bener padat banget" itu yang pertama kali aku pikirkan.

Tapi setelah dipikir-pikir, mau sampai kapan kamu berada di zona nyaman? Mau sampai kapan kamu terus berada di zona aman dan takut untuk mencoba hal-hal baru?

Mau sampai kapan kamu menutup mata dan bergelung pada zona nyaman karna takut untuk menghadapi ketidaknyamanan menerima perubahan hidupmu. Padahal  ketakutan itu nantinya akan menutup kesempatan kamu buat tumbuh dan berkembang.

Oke akhirnya dengan mantap, aku terima tawaran itu, tawaran buat magang. Kesempatan ga datang dua kali.

Ternyata, ketakutanku itu ga semuanya benar. Keluar dari zona nyaman tidak seburuk yang aku pikirkan. Iya emang berat awalnya, tapi mencoba menjadi sesuatu yang baru, mencoba hal yang baru, menurutku sudah pencapaian luar biasa dalam hidup apalagi buat orang yang introvert kaya aku hehe.

Mungkin karna umur kita ga berbeda jauh, jadi kegiatan selama magang di studio berasa seru. Kadang aku merasa minder dan ngerasa kurang berbaur dengan mereka, bukan berarti aku merasa ga nyaman.
 "blame my introvert side"
Ya manusia intorvert yang satu ini memang butuh waktu yang lebih lama buat bisa dekat dengan orang-orang baru.

Selama magang disana aku dapat banget banyak ilmu. Ga cuma mengenai hal-hal yang berkaitan dengan bidang arsitektur, tapi juga belajar bagimana bekerja dalam team, menghargai partner kerja, belajar bahwa tidak semua orang bisa mengerti bagaimana kondisi kita, belajar untuk menjadi orang yang bertanggung jawab, dan yang paling penting adalah belajar mengatur waktu dan prioritas.

Diluar dari semua itu aku ngerasa seneng, beruntung, dan besyukur banget pernah dikasi kesempatan walau cuma sebentar buat berada disana.

Sedih karna belum sempat mengabadikan momen-momen kebersamaan saat masih disana. Tapi aku berterima kasih banget untuk ilmu dan kesempatan selama waktu yang singkat itu. Semoga kita semua bisa mencapai tujuan, cita-cita, impian dan meraih kesuksesan dijalan masing-masing.

Ternyata keluar dari zona nyaman tidak seseram itu.







You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram