Why We Are Addicted To Beauty Products?

10:36 AM



Beberapa orang yang sering liat update-an aku tentang skincare mungkin kaget ngeliat segitu banyaknya skincare yang aku pake. Heran juga bisa gitu tiap hari ngelakuin step-step skincare segitu banyaknya. Mereka juga banyak yang tanya.

Kenapa sih kamu suka beli skincare?

Kenapa rela ngabisin duit cuma buat beli skincare?

Muka kamu kan udah bersih, ga ada masalah, ngapain beli-beli skincare? (lah emang yang boleh merawat diri cuma yang mukanya bermasalah aja ya?)

Hidup lu ribet amat ya tiap malam banyak ritualnya!

Hmm yasudah lah terserah.

Jadi ini dia alasan kenapa aku sangat-sangat suka banget beli skincare, make up, addicted banget dan suka khilaf belanja.

Me-time

http://www.servethegoddess.com

Setiap manusia pasti butuh banget yang namanya 'me-time'. Butuh waktu dan ruang untuk sendiri, ngerjain sesuatu yang bikin mereka bahagia, ngerjain sesuatu yang bisa bikin stress mereka hilang. Banyak cara dan aktivitas yang bisa dilakukan buat menghabiskan 'me-time' ini. Ada beberapa orang yang mungkin pergi nongkrong ke cafe, nonton bioskop, hedon, shopping, mendaki, tidur doang dikamar, dan lain-lain. 

Aku adalah tipe orang yang mudah banget stress, butuh banget me time. Apalagi buat anak yang punya kepribadian 'introvert', me time ini kayaknya menjadi hal yang wajib banget buat recharge nyawa, TIAP HARI KALO BISA HARUS PUNYA ME TIME. Kebayang ga kalo tiap hari harus ke cafe, nonton bioskop, ngemol, hedon buat me time. Bisa jatuh miskin aing.

Makanya itu aku memutuskan buat memanfaatkan waktu me time dengan memakai dan membeli skincare or make up. Menurut aku ini juga sebagai salah satu usaha aku buat hemat hehe. Beli satu buah produk skincare harganya mungkin sekitar 150-200 ribu. Bisa dipakai sampai setahun, hemat banget dibandingkan dengan nonton bioskop atau nongkrong dicafe yang kenikmatannya cuma bisa dirasain sesaat.

Ya gatau sih, tiap orang pasti punya cara dan pilihan mereka masing-masing buat ngelakuin apa yang mereka suka. Bukan berarti aku ga suka nonton atau nongkrong ya, but menurut aku duit nongkrong dan nonton yang kita sisihin buat beli skincare/make up ini manfaatnya bisa lebih banyak dan jangka waktu kenikmatannya lebih lama hehe. Selama itu ga merugikan orang lain, gapapa kan? Lagian kita beli skincare bukan pakai duit netizen.

Males ke Salon

Source: http://absoluteconfidence.com

Bukan males sih, lebih tepatnya ga ada duit hehe. Yah sadar diri bukan anak tajir yang kayak seleb gitu bisa perawatan muka sebulan sekali facial ke salon. Beli skincare ini menurut aku sebagai salah satu usaha merawat diri low budget biar muka bisa tetep sehat tanpa harus ke salon atau ke dokter wajah.
Biaya satu kali facial itu sekitar 200 ribu. Efeknya cuma sehari cuy. Kalau beli skincare kan bisa dipakai setahun lumayan berhemat!

Packagingnya Super Cute

Source: theeverygirl.com

Dan lagi-lagi hatiku luluh sama hal-hal yang kayak gini. Huhu emang deh lemah kalo ketemu barang-barang lucu! Salah satu alesan kenapa suka beli skincare atau make up terutama brand korea karna packaging itu sih yang super cute. Emang deh penampilan luar suatu produk itu penting banget which is aku jarang banget menemukan ini di produk-produk brand lokal. Entah kenapa rasanya seperti memelihara bayi gitu tiap beli skincare, mereka lucu-lucu banget. Tiap liat mereka berjejer rapi di rak rasanya stress aku ilang (wkwk ini apa sih, sugesti kali ya). Jadi daripada koleksi barang-barang ga guna, mending koleksi skincare ya.

Investasi Masa Depan

http://www.womensweekly.com.sg

Investasi ini bukan kayak nanam modal atau saham trus ntar jadi duit gitu ya. Investasi ini lebih ke efek yang aku dapetin terhadap kesehatan kulit aku sih. Apalagi sekarang udah umur 21+, dimana masalah kulit kayak penuaan dini, dll itu mulai muncul. Ga mau kan ntar umur 30 udah keriput, harus kesalon buat perawatan hehe. Mending investasi menjaga kebersihan dan kesehatan kulit wajah dari sekarang sih, dari pada nyesel dikemudian hari.

Loving My Self

Source: oprah.com

Kadang aku  suka sebel sih sama orang-orang yang memandang sebelah mata sama orang-orang yang suka pakai make up atau skincare. Walau ga semua, tapi ada beberapa orang yang mungkin berpikir kalau kita 'para pecinta skincare dan makeup' ini cuma mau mendapat pujian dari lawan jenis atau menarik perhatian lawan jenis.  

Dudes we wear skincare and make up because it's cute and fun, not to impress boys or anyone!

Menurut aku salah satu bentuk rasa syukur kita ke Allah swt karna udah menciptakan kulit dan wajah yang sehat ini salah satunya adalah dengan menjaga dan merawatnya. Allah sudah sebegitu baiknya menganugrahi fisik yang baik dan sehat, apa salahnya kalau kita rajin menjaga dan merawatnya sebagai rasa syukur kita.

"Sesorang yang pandai merawat diri pertanda bahwa ia menghargai dirinya. Ini bentuk lain dari caranya untuk mencintai diri sendiri. Kalau kamu belum mencitai diri kamu sendiri, gimana mau dicintai orang lain".


Sekian curhatan kali ini. Mungkin emang ada beberapa orang yang menganggap memakai skincare atau make up itu hal yang sia-sia atau ga penting. Ya boleh-boleh aja sih, bebas mah terserah asal bahagia. Karna emang tiap orang punya cara yang berbeda-beda buat ngilangin stress, atau ngisi waktu luang. Yang penting jangan nyinyirin orang lain aja yang hedon atau suka pakai make up hehe. Selama kegiatan itu tidak merugikan kalian, kenapa harus ribetin hidup orang lain!

Emang sih beli beli produk kecantikan ga ada yang murah, kadang itu juga yang memotivasi aku biar ga hedon buat hal-hal ga penting, sisihin uang saku yang dikasi orang tua, atau cari duit sendiri demi bisa beli skincare atau make up yang aku mau.
Terakhir quote tidak penting sebagai penutup

"Mending addict skincare atau make up, dari pada addict narkoba" (Winda, 2018)

Sekian, bye.


You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram