Kampung Glam, Kawasan Heritage Singapore!

12:00 AM


Setiap negara pasti mempunyai kawasan bersejarah yang menarik untuk ditelurusi, Singapura salah satunya. Seperti yang kita ketahui, negara Singapura ditinggali oleh berbagai macam suku seperti Melayu, Arab, India, Banjar, Tionghoa, dan masih banyak lainnya. Hal ini mengakibatkan banyak sekali terbentuk daerah-daerah permukiman yang memiliki ciri dan karakter budaya khas  yang terlihat pada bangunannya. di Singapura terdapat salah satu kampung yang memiliki citra kawasan heritage sebagai area permukiman yang ditinggali oleh suku Melayu-Arab. Apalagi kalau bukan Kampung Glam!


Sempat penasaran sebenarnya kenapa daerah ini dinamakan Kampung Glam. Kenapa namanya glam? Apakah karna tempat ini 'mempesona' (glam dalam bahasa inggris:mempesona) atau mungkin ada alasan lain?


Ternyata kampung ini dinamakan Kampung Glam awalnya mulanya berasal dari nama pohon, yakni pohon gelam. Jadi dikampung ini memang banyak terdapat pohon gelam, makanya diberi nama Kampung Glam.


ya banyak sih ya pohonnya

Things To See !


Kampung Glam saat ini menjadi salah satu obyek wisata yang menawarkan keindahan arsitektur bangunan tua ditengah modernisasi negara Singapura. Uniknya, kawasan ini memiliki citra kawasan bersejarah yang khas namun menyajikan gaya hidup yang trendi atau modern, nggak tradisional banget gitu.


Salah satu sejarah yang cukup terkenal di wilayah ini adalah adanya keberadaan kerajaan Melayu yang berdiri sejak tahun 1822, dimana tidak hanya suku Melayu tetapi di tempat ini juga ditinggali oleh suku Arab. Di daerah dekat istana, terdapat sebuah masjib terbesar di Singapura bernama Masjid Sultan.
Pantes ya kalau  Kampung Glam ini dijadikan sebagai sentra islam di negara Singapura!



Masjid ini dibangun oleh Sultain Hussein yang merupakan Sultan pertama negara Singapura. Masjid ini dibangun tidak jauh dari istana, bergaya arsitektur nusantara dengan atap limas bersusun tiga. Ini membuktikan bahwa arsitektur Jawa juga ikut mempengaruhi gaya arsitek pada bangunan masjid ini. Katanya sih masjid ini dulu dibangun sama kelompok pedagang awal di Singapura yang berasal dari Jawa.



Oh iya, di Kampung Glam ini juga Malay Heritage Center. Berupa gallery yang banyak menceritakan sumber informasi terkait sejarah Singapore-Malay. Disini juga jual berbagai pernak pernik dan cinderamata khas gitu.




Btw karna tempat ini termasuk kawasan yang bersejarah, akhirnya URA (urban redevelopment area) Singapore menjadikan Kampung Glam ini sebagai salah satu kawasan konservasi yang dilindungi.

Food & Shop

Ditempat ini kalian akan banyak sekali menemukan restauran yang meyediakan kuliner khas dari negara Timur Tengah. Kebanyakan makanan yang dijual disini hallal, jadi ini tempat cocok banget buat wisatawan muslim. Mau jalan-jalan, makan enak, ibadah juga mudah!



Sebenernya ga cuma makanan khas timur tengah, disini juga banyak western food, japanese food, swedish, mexican, dan padang juga ada cuy!

Kampong Glam juga dikenal sebagai pusat perbelanjaan. Terdapat banyak gerai atau tempat untuk berbelanja. Ada yang unik dari tempat perbelanjaan ini yakni deretan ruko dengan cat warna cerah. Ruko-ruko tersebut dapa dijumpai di daerah Bussorah, Kandahar Street, dan Baghdad.



Wisatawan banyak yang pergi ke Arab Street, apalagi buat yang pengen cari kain dan karpet ala-ala arabian gitu. Kalau di Bussorah Street itu banyak yang jual souvenir, toko barang antik, perhiasan, dan juga butik vintage.



Nah terakhir, yang paling terkenal banget nih ada Haji Lane! Berupa gang kecil tersembunyi yang banyak menjadi incaran para pencari spot foto dan juga disini banyak terdapat butik-butik offbeat yang menjual label kultus dan toko pakaian vintage. Banyak juga toko yang menjual barang dengan harga berbeda dan juah lebih murah dibandingkan dengan mal-mal yang terkenal di Singapura.




Sayangnya aku nggak terlalu sempat mengexplore kawasan ini lebih lama. Ada alasan untuk kembali. Semoga bisa kesini lagi ya!

Photo Taken By: Icha



You Might Also Like

1 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram