Focus on One Thing vs Doing Two or More Things

9:35 AM



Halo, how have you guys been doing? Wow kayaknya udah lama banget nih ga ngeblog! Terakhir kali nulis kayaknya aku juga bilang kayak gini ga sih? Labil emang, katanya mau update every saturday, tapi ada aja alasannya buat nggak nulis. 

Pertama-tama sebenernya aku bingung banget mau nulis dan bahas apa. Udah banyak banget draft ide beberapa konten yang pingin banget aku bahas. Tapi apa daya, gaya gravitasi bumi yang terlalu besar ini bikin nggak produktif!

By the way ngomong-ngomong masalah produktif, kalian pernah ga sih ngerasa bingung, sebenernya mana sih yang lebih efektif dalam meningkatkan produktifitas kerja kita? Mengerjakan dua hal atau lebih dalam satu waktu (multitasking) atau hanya mengerjakan satu hal aja dalam satu waktu (single tasking)? Multitasking disini bukan cara kerja laptop atau PC gitu seperti merender 3D sambil mengedit photoshop sambil mendengarkan lagu dan sambil copy dan mendownload film at the same time. For human, there is no such thing. Multitasking disini lebih ke shifting from one task to another in rapid successsion.

Karena aku penasaran, aku bikin eksperimen kecil dengan menanyakan followers instagram aku tentang pendapat mereka. Which one is better, maximize your time by doing two or more things or focus on one thing at a time?
Oke balik lagi kehasil polling, ternyata hasilnya adalah banyak dari followers instagram aku yang memilih single tasking itu lebih efisien dibandingkan dengan multitasking.

Awalnya aku mikir sepertinya orang-orang lebih milih "doing two or more things at a time" daripada "focus on one thing". Jujur walaupun aku milih "single tasking" tapi tetep aja sih terkadang dalam mengambil keputusan atau mengerjakan sesuatu aku orangnya suka ngerjain semuanya. Jadi kalau ada tawaran aku ambil, ada kesempatan baru aku ambil, ada ini itu aku ikutin, pasti aku cobain dah itu semuanya. Soalnya aku mikir kalau 'kesempatan itu ga datang dua kali' trus aku juga mikir dengan mengerjakan hal yang banyak sekaligus itu lebih efisien waktu dan lebih produktif karna kita bakalan dapat banyak hal sekaligus. 

Ternyata hasilnya malah nggak maksimal, yang ada bikin kita nggak bahagia, dan menyalahkan diri sendiri kalau hasilnya nggak sesuai sama ekspektasi.

Menurut aku ini beberapa jawaban favorit aku kenapa sebaiknya kita single tasking dari pada multitasking.





Belajar dari pengalaman, aku sering banget berada diposisi ini. Saat dimana kamu ngerasa ngalamin mental stress gara-gara nggak fokus sama apa yang dikerjakan. Kenapa? Ya gara-gara mencoba ngekuin banyak hal dalam satu waktu. Walaupun manusia pinter, tetep aja sih otak itu punya keterbatasan, kita ga bisa fokus pada beberapa hal sekaligus.

Aku udah pernah bilang sebelumnya kalau aku dulunya selalu multitasking, nggak fokus sama satu hal, semuanya dicoba. Ya mungkin diakhir semua pekerjaan itu kelar, tapi ada beberapa hal yang bikin aku sadar kalau kerja kayak gitu justru bikin kita rentan ngelakuin kesalahan, tertekan, stress, banyak ngelewatin hal-hal detail padahal penting, mudah tedistraksi, kreativitas menurun, dan bikin kecewa diri sendiri juga orang lain.

Kalau yang aku rasain nih ya, bukannya malah produktif, multitasking ini justru bikin counterproductive dan membuang-buang waktu karena emang pada dasarnya otak kita ini cuma mampu mengerjakan satu hal penting. Akhirnya otak membutuhkan lebih banyak energi karena dipaksa buat kerja kerja kerja dan adaptasi sama tugas yang baru, padahal tugas yang sebelumnya belum kelar.

Terakhir, alasan aku bahas tentang ini sebenernya because I had another big goal this year. The problem is, if you’re trying to do too much all at once you will end up achieve nothing. By focusing on one big goal, you only have one slice of fear to deal with. Kadang kita ga bisa dapet semua yang kita mau dalam hidup, harus ada satu hal yang kita relain.

What do you really want more than anything? That’s your big goal. Jadi kerjain satu hal itu aja dulu, selesaikan, fokus! Terakhir ini bener terakhir, salah satu jawaban favorit aku juga.


Terima kasih temen-temen yang udah jawab pertanyaan aku di instagram. Mungkin hanya beberapa yang aku aku cantumin disini karna jawabannya sesuai sama bahasan kali ini. Ya intinya nggak ada yang benar atau salah sih dari kedua cara itu, balik lagi ke individu masing-masing, karna tiap orang punya kemampuan dan batas yang berbeda-beda.




You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram