Eat Like a K-Drama! (How to Cook Korean Ramyeon Noodles)

3:26 AM



Probably not every day, but we regularly seen Koreans eat instant ramen noodles once every one or two weeks, and more than that if you’re poor and/or you live alone. Kalau kalian sering nonton drama korea, ada salah satu scene yang nggak pernah terlewat, yakni makan ramyeon.  Tiap nonton drama, wajib banget ada adegan makan ramyeon! Makanan berbahan dasar mie seperti jajangmyeon, jjampong, dan ramyeon memang menjadi makanan yang sangat favorit di negara Korea.


Althought eating ramen is a one-way-ticket to heart disease and hypertension. But yes, I enjoy ramen, it’s more like a “oh-no-there’s-no-food-in-the-fridge-let’s-eat-some-ramyeon” thing. 
If you’re really poor, instant ramen noodles are your best friend. Since it's junk food, who cares about the nutrion anyway, as long as it tastes good. But remember don't eat it everyday!

Semua orang pasti sudah tahu bagaimana cara memasak mie, namun kali ini aku pengen share cara membuat ramyeon ala korea dengan mie dari brand korea tentunya. 
Apakah mie instan korea rasanya berbeda dengan yang ada di Indonesia?
Sangat sedih untuk mengakui ini, tapi mie instan asal korea rasanya jauh lebih enak dibandingan dengan mie asal Indonesia. Sebenarnya tergantung selera sih, tapi setelah aku mencoba berbagai macam mie instan, menurutku memang mie instan asal korea rasanya lebih enak, mie nya lebih kenyal, bumbunya lebih terasa, dan isinya lebih banyak. Pantes aja kalau harganya jauh lebih mahal dari produk mie negeri sendiri.


Mie instan yang biasa aku makan adalah shin ramyun. Menurut review orang-orang, mie ini memang sangat populer dan katanya memiliki rasa yang paling enak dari sekian banyaknya produk-produk mie yang merajalela di Korea. Shin ramyun ini ada dua jenis, yakni black shin ramyun dan satunya shin ramyun berwarna merah yang beredar banyak di supermarket. Black ramyun sayangnya mengandung ingridients yang tidak hallal. Jadi kalau kalian mencari ramyun hallal sebaiknya coba yang merah saja.

How to Cook

___________________________

Prep Time : 5 Min
Cook Time : 10 Min
Total Time : 15 Min
Calories : 449
___________________________


Ingridients


  • 1 bungkus mi instan
  • ½ gelas air
  • 1 buah telur (btw aku lupa ternyata telurku habis)
  • 5 buah udang
  • 2 buah cumi

Directions


Rebus 2 ½ gelas air pada panci dan tungguh sampai mendidih.


Setelah air mendidih, masukkan bumbu ramyeon yang terdapat dalam mie. Masukkan juga bawang dan cabai yang telah dipotong. 


Masukkan mie ke dalam panci, masak hingga setengah matang, kira-kira 2-3 menit.


Setelah itu masukkan udang, cumi dan telur ke dalam panci. Udang, cumi, dan telur di tambahkan diakhir karena bahan-bahan tersebut mudah matang, sehingga akan lebih enak kalau dimasaknya setelah mie setengah matang agar tidak overcooked. Kemudian masak lagi sekitar 2-5 menit. 



Angkat dan tuangkan ramyeon dalam mangkok. Terakhir tambahkan daun bawang. 
Ramyeon ala korea siap dihidangkan! 

Mie instan merk korea memiliki waktu yang lebih lama untuk dimasak dibandingkan dengan mie instan merk Indonesia. Mungkin karena mie nya lebih tebal sehingga perlu direbus lebih lama. Namun justru itu yang bikin rasanya lebih kenyal dan enak!

Koreans like using pots to cook and eat ramyeon because they’re thin and light, heat up quickly. Mereka juga biasanya menggunakan tutup panci tersebut untuk mendinginkan mie sebelum dimakan. Kalau aku sih lebih suka dituang ke mangkok aja. Sekian post kali ini, Jal meokgesseumnida~









You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram