My Skincare Routine (For Dry Skin)

6:04 AM


Hi! It's been a while since the last time I updated about my skincare routine. It was last year maybe. Sejak tahun 2017 hingga sekarang, skincare ku sudah banyak sekali mengalami perubahan. Bahkan hampir semua skincare yang aku pakai tahun lalu sudah nggak aku pakai lagi. Rata-rata sudah tergantikan oleh skincare yang baru.

Sebelumnya aku udah pernah bilang belum ya kalau aku anaknya lebih ke skincare addict daripada make up. Siapa sih yang nggak suka dengan hasil make up. Hanya dalam waktu yang instan, mata panda, jerawat, bisa ditutupi dengan concealer. Bekas jerawat dan kulit yang kusam bisa ditutupi dengan foundationHighlighter yang mampu membuat wajah glowing. Yah nggak ada yang salah sih dengan menggunakan make up. Tapi kalau muka kita sehat dan bersih, kita kan nggak perlu menutupinya dengan make up yang tebal seperti topeng. Kita bisa jadi lebih percaya diri without make up!

Menurutku merawat kecantikan kulit dari dalam lebih penting dibandingkan menutupinya dengan make up. Masih banyak wanita di luar sana yang mungkin berpikir bahwa make up memiliki kedudukan yang lebih penting daripada menggunakan skincare yang terkesan merepotkan. Padahal memiliki kulit yang sehat juga penting loh supaya make up yang di aplikasikan ke wajah bisa lebih terlihat bagus!

Oke cukup basa basinya. Btw for your information, tipe kulitku cenderung kering. Kali ini aku bakal ngasih tau skincare routine yang nggak pernah aku skip tiap hari. Kalau kalian pengen kulit yang sehat kuncinya hanyalah ketelatenan dan kerutinan kita dalam merawatnya.
Inget kata kak Affi Assegaf  

“Tidak penting seberapa mahal produk yang dipakai atau seberapa banyak produk yang dipakai tetapi dalam pemakaiannya tidak rutin maka it doesn’t work”

Oh ya kebanyakan produk yang aku pakai juga bisa dipakai untuk yang punya jenis kulit cenderung normal maupun oily. Ini dia skincare routine aku, semoga bisa membantu kalian terutama yang memiliki tipe jenis kulit kering seperti aku!


My Skin Condition

Sebelumnya aku mau cerita ini kondisi kulit aku pas lagi parah banget. Jadi aku sempat jerawatan dan bruntusan gara-gara stress dan kurang tidur. Selain itu terdapat beberapa dark spot yang susah banget buat ilang. 
Semenjak itu aku jadi rajin buat menerapkan 10 steps skincare routine. Sudah sekitar  setahun aku menerapkan skincare routine ala korea ini and it's really works on my face! Emang bener-bener membuat perubahan drastis sama kulit aku. Menjadi lebih sehat tentunya. 

kondisi kulit dari bulan 1 sampai bulan ke 9

Ini kondisi kulit pipi sebelah kanan yang sempet breakout parah. Nyebelinnya ini jerawat yang nggak mau ilang, nggak mau mateng, nggak tau maunya apa! Penasaran kan gimana cara aku menghilangkannya? Baca terus ya sampai akhir!


10 Steps Skincare Routine

Buat para skincare addict pasti udah nggak asing lagi mendengar istilah 10 steps skincare routine. Kalau kalian sering liat dalam drama korea, cewek ataupun cowok korea kulitnya pada mulus dan glowing ya! Nah rahasianya adalah mereka selalu menerapkan 10 steps skincare routine ini baik pagi maupun malam.

"Haruskah kita mengikuti semua steps tersebut?"

Jawabannya adalah
Tidak.

Kenapa?

Karena setiap orang memiliki kondisi dan permasalah kulit yang berbeda-beda. Jadi semua steps tersebut sebenernya fleksibel dan bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan kulit kalian. Aku sendiri bahkan menambah dan mengurangi beberapa steps skincare ini, menyesuaikan dengan kondisi  dan kebutuhan kulitku saat itu. 

Buat yang belum tau, skincare routine ala korea ini menerapkan sistem layering pada kulit kita. Jadi kulit kita bener-bener dilayer berkali-kali dengan berbagai macam produk skincare. Nggak harus skincare merk korea kok, merk local atau drug store pun bisa. Awalnya emang sih ngerasa nggak nyaman mengikuti steps ini. Muka jadi becek, lengket dan lembab. Tapi percaya deh, kalian bakalan puas ngeliat bagaimana muka kalian bener-bener mengalami perubahan dari hari ke hari!

Here's my routine yang sudah mengalami penyesuaian sesuai kondisi kulit aku!



Morning Routine

Untuk morning skincare ini sebenernya agak jarang aku lakukan. Kebanyakan sering lupa, males, atau lagi buru-buru jadi banyak yang di skip stepnya. Morning skincare routine ini aku aplikasikan sebelum menggunakan make up.
Here's my morning routine!



Step 1: Cleanser
Tiap pagi pastinya aku langsung membersihkan muka dulu untuk menghapus sisa-sisa skincare yang sebelumnya aku gunakan di malam hari. Aku pakai COSRX Low PH Good Morning Gel. Untuk cleanser di pagi hari, aku memilihi produk yang ringan dan nggak bikin kulit ketarik (tight feeling). Produk ini bisa menghaluskan kulit karena PH nya yang sama dengan kulit kita. Produk ini juga bisa melembabkan dan membersihkan wajah tanpa membuat kulit merasa ketarik.

Step 2: Toner
Setelah mencuci wajah dengan cleanser, gunakan hydrating toner untuk melembabkan wajah. Aku biasanya menggunakan Hydrating toner The Body Shop. Toner ini sangat bagus untuk diaplikasikan di pagi hari sebelum menggunakan make up sehingga membuat make up kalian lebih tahan lama. Toner ini sangat cocok digunakan untuk kalian yang memiliki tipe kulit cenderung kering, karena vit E yang terdapat dalam toner ini mampu melembabkan wajah kalian.

Step 3: Essence
Setelah itu gunakan essence untuk melengkapi morning skincare routine. Di pagi hari aku biasanya pakai Snail Bee High Content Essence
Essence ini berguna untuk memberikan kelembapan, melembutkan, dan membuat kulit menjadi kenyal. Essence ini sangat bagus dipakai sebagai persiapan kalian sebelum menggunakan make up.


Step 4: Serum

Sebenernya kalau pagi aku jarang banget pakai serum. Apalagi kalau mau keluar menggunakan make up biasanya aku suka skip pemakaian serum di pagi hari, karena ntar lama nunggu serumnya menyerap di wajah. Untuk serum yang biasa aku gunakan adalah Fresh Horb Origini serum dari Nacific.

Step 5: Mosturizer
Untuk pelembab sebenernya aku punya dua produk yakni Etude House Moisful Cream dan juga Nature Republic Aloevera Gel. Pasti banyak yang sudah tau juga kan kalau nature republic aloe gel ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pelembab. Aku lebih sering memakai natrep sebagai pelembab dibandingkan dengan etude karena aloe gel ini lebih cepat kering di muka.

Step 6: Sun Screen
Step terakhir adalah menggunakan sun screen. Sebenernya aku baru-baru ini memakai sun screen. Selama ini aku selalu mikir memakai sun screen bukan suatu keharusan. Sampai akhirnya aku sadar bahwa kulitku jadi mudah memerah dan terbakar ketika beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama.
Sun screen yang aku pakai adalah brand dari Emina dan merupakan salah satu produk best sellernya. Selama memakai emina sun protection 30 SPF ini, aku merasa kulitku jadi lebih terlindungi dan tidak mudah terbakar. Sun screen ini juga nggak bikin muka jadi lembab, lengket atau berminyak. Dan yang paling penting, harganya yang cukup terjangkau.


Night Routine

Produk skincare routine aku gunakan di malam hari sebenarnya tidak berbeda jauh dengan produk yang biasa aku gunakan di pagi hari. Karena kulitku cenderung kering, jadi aku sangat concern untuk menggunakan produk yang sebisa mungkin mengandung banyak pelembab dan juga skincare yang berfokus untuk mencerahkan wajah agar tidak kusam. Btw produk untuk night skincare routine ku cukup banyak dan sepertinya akan sangat panjang untuk dijelaskan.
So here's my night skincare routine!





Step 1: Make Up Remover
Setelah beraktivitas seharian, membersihkan wajah dari sisa-sisa make up sebelum mencucinya adalah wajib! Walaupun lagi nggak make up an kadang aku tetap membersihkan wajahku dulu dengan make up remover sebelum mencucinya. Kenapa? Karena kebanyakan sumber utama penyebab jerawat adalah karena muka kita kurang bersih. Entah karena masih ada bekas make up ataupun debu yang menempel di wajah kita.
Make up remover yang aku pakai adalah Micellar Water Garnier. Aku udah repurchase micellar water ini berkali-kali saking cocok dan bagus. Harga micellar water ini juga cukup terjangkau dan mudah ditemukan dimana-mana. Nggak hanya menghapus sisa make up wajah, micellar water ini juga mampu membersihkan make up mata dan bibir juga!

Step 2: Cleanser
Untuk cleanser, aku cukup banyak punya berbagai macam facial wash. Saat ini aku punya 4 jenis facial wash. Tenang aku nggak pakai semuanya dalam semalem kok! Biasanya pemakaiannya aku sesuaikan dengan kondisi kulitku pada saat itu. 

Facial wash yang aku punya:

Nature Republic Fresh Herb Snail Cleansing Foam: 
Aku pakai facial wash ini ketika kondisi kulit aku normal dan tidak bermasalah.
Innisfree Bija Trouble Facial Foam:
Seperti namanya, facial foam ini aku pakai ketika kulitku dalam kondisi bermasalah, sedang berjerawat, atau terbakar karena beraktivitas di panas-panas an misalnya.
Purifying Neem Foaming Face Wash:
Aku baru mencoba foaming face ini sekitar 2 bulan dan ini bagus banget buat membersihkan muka. Kalau kalian sering menggunakan make up, kalian harus coba foaming face ini. Foaming foam ini benar-benar mampu membersihkan wajah kalian secara menyeluruh.
Cetaphil Gentle Skin Cleanser:
Facial wash ini juga biasanya aku gunakan ketika kulitku dalam kondisi sensitif. Teksturnya sangat ringan, nggak bikin kulit kering, dan benar-benar mampu membersihkan kotoran pada wajah.

Step 3: Exfoliator (Twice a Week)
Setiap dua kali seminggu aku biasanya mengeksfoliasi kulit wajahku dengan menggunakan masker. Exfoliasi wajah penting banget dilakukan paling tidak minimal sekali seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah, membersihkan wajah, dan juga membantu mempercepat proses regerasi kulit. Ada dua masker yang aku sering gunakan yaitu:

Purying Neem Mask Himalaya
Masker pertama yang sering aku gunakan adalah Purifying Neem Mask. Masker ini harganya sangat ekonomis dan sangat mudah ditemukan di drugstore. Selain membersihkan dan mengangkat kulit mati, masker ini juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan kulit yang berjerawat.

Skinfood Rice Mask Wash Off
Selanjutnya aku juga suka pakai masker bilas dari skinfood. Masker ini berfungsi untuk mencerahkan wajah. Dalam masker ini terdapat scrub dari beras lembut berfungsi untuk mengeksfoliasi wajah. Kalau pengen tau review aku tentang masker ini kalian bisa klik disini!

Step 4: Toner
Setelah membersihkan mennggunakan masker, step selanjutnya adalah menggunakan toner. Ada dua jenis toner yang biasa aku gunakan yakni exfoliator toner dan hydrating toner. 

COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment (Exfoliator Toner)
Produk exfoliator toner yang aku gunakan adalah COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Eksfoliator toner ini dapat digunakan setiap hari sebab kandungan AHA/BHA nya tidak terlalu tinggi jadi nggak bakal bikin kulit kalian over exfoliate. 

Nacific Phyto Niacin Whitening Toner (Hydrating Toner)
Setelah memakai exfoliator toner, step selanjutnya adalah menggunakan hydrating toner. Produk yang aku pakai adalah Nacific Phyto Niacin Whitening Toner. Selain melembabkan toner ini juga berfungsi untuk membuat kulit wajah kalian menjadi lebih cerah dan juga glowing.

Kedua toner, baik exfoliator ataupun hydrating toner aku aplikasikan ke wajah dengan menggunakan kapas. Namun untuk hydrating toner kalian juga bisa mengaplikasikannya dengan menuangkannya pada telapak tangan.

Step 5: Essence
Setelah menggunakan exfoliator dan hydrating toner langkah selanjutnya adalah menggunakan essence. Sama seperti morning routine, aku juga menggunakan essence dari Nacific yakni Phyto Niacin Whitening Essence.

Step 6: Serum
Serum yang aku gunakan masih dari brand yang sama yakni Nacific Fresh Herb Origin Serum. Serum ini berfungsi untuk menyembuhkan problem kulit seperti jerawat, mengecilkan pori-pori, whiteningnya, dll. Ini udah kedua kalinya aku pakai serum ini, dan so far hasilnya bagus banget! Pengaplikasiannya juga sama seperti essence yakni tinggal ditetes ke spot wajah seperti pipi, dahi, hidung dan dagu.

Step 7: Sheet Mask (Once a Week)
Sebenernya setiap minggu aku nggak selalu pakai sheet mask, malah akhir-akhir ini biasanya aku pakai sheet mask bisa sebulan cuma 1 atau 2 kali atau ketika mau ada acara-acara tertentu aja. Sheet mask yang aku sering pakai adalah sheet mask dari brand Innisfree Sheet Mask. Harganya cukup murah dan variannya juga cukup banyak, tinggal kita sesuaikan dengan kondisi kulit kita saat itu.

Step 8: Night Cream
Selanjutnya adalah menggunakan night cream. Untuk night cream aku menggunakan brand dari The Body Shop Vit E Night Cream. 
Fungsi dari night cream ini adalah untuk melembabkan kulit wajah yang kering. Biasanya aku hanya pakai sedikit aja, karena wajahku sudah cukup lembab setelah menggunakan serangkaian skincare  pada step sebelumnya.

Step 9: Spot Treatment
Spot treatment ini berfungsi untuk memberikan perawatan khusus pada beberapa spot wajah yang bermasalah. Misalnya ada beberapa area wajah yang berjerawat, dark spot, atau redness, biasanya selalu aku beri treatment khusus. 
Untuk sport treatment ini aku menggunakan sleeping mask dari COSRX yakni varian rice dan honey.
Kalian mungkin agak cukup heran dengan produk sport treatment yang aku gunakan. Sleeping Mask tapi dijadikan spot treatment? Aneh sih tapi beneran deh it's really works on my face!

COSRX Honey Sleeping Mask: Menghilangkan jerawat
Pakai sleeping mask ini sebagai salep pada spot yang sedang berjerawat, dijamin besoknya langsung hilang!
COSRX Rice Sleeping Mask: Menghilangkan dark spot
Cara pakainya juga sama, dioleskan seperti menggunakan salep pada spot yang bermasalah.

Step 10: Eye Cream
Tahap selanjutnya adalah mengguanakan sleeping mask. Aku biasanya menggunakan eye cream dari laneige yang versi trialnya. Gunakan 1-2 pump kecil diarea bawah mata.

Step 11: Sleeping Mask
Akhirnya sampai juga pada tahap terakhir. Sebelum tidur jangan lupa untuk memakai sleeping mask. Aku biasanya menggunakan Nature Republic Aloevera Gel sebagai sleeping mask. Aplikasikan dengan jumlah yang cukup banyak pada wajah. Aku biasanya pakainya cukup banyak banget. Masker ini nggak perlu dibilas, langsung dibawa tidur dan dibilas esok harinya ketika bangun tidur. 

***

Itu dia morning dan night skincare routine ku. Banyak dan melelahkan ya! Tapi percaya deh hasilnya bener-bener nggak mengecewakan. Semenjak rutin menjalankan ritual ini, kulit aku jadi jarang banget bermasalah, jerawatan, kusam, dll. Paling kalau lagi mau datang bulan aja baru jerawat, tapi cuma spot tertentu aja, dan proses penyembuhannya juga cepat. Wajahku juga jadi lebih cerah, lembab, serta pori-poriku jadi semakin mengecil.

Finally this is the end of today post. Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian yang mungkin sedang mencari-cari review skincare routine! Nanti pasti aku akan terus update dengan skincare baru lainnya! See you on the next post~


You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram