REVIEW: COSRX Acne Pimple Master Patch (Menyembuhkan Jerawat dalam Semalam)

5:02 AM



Mendekati masa-masa menstruasi, wajib banget muncul yang namanya jerawat. Kesel nggak sih kalau tiba-tiba jerawat muncul? Padahal besok mau ada acara penting. Atau mungkin kalian yang memiliki tipe kulit acne prone, kadang suka khilaf megang dan mencetin jerawat. Padahal memencet dan memegang kulit yang berjerawat malah akan memperparah jerawat tersebut, bisa membuat iritasi, menyebar ke kulit lain yang sehat, dan bahkan jerawat tersebut bisa meninggalkan bekas bopeng yang susah banget hilang. Oh no kalau sudah meninggalkan bekas bopeng makin lama dong hilangnya!

Untungnya sekarang terdapat produk yang mampu mengempeskan dan mengeluarkan isi jerawat hanya dengan semalam saja. Produk ini juga bisa melindungi kulit kalian yang berjerawat agar tidak bersentuhan langsung dengan tangan. Produk ini berupa plester jerawat yang bisa kita tempelkan pada bagian kulit pada jerawat yang sudah matang (terlihat mata/nanah jerawat). Besoknya kalian akan melihat jerawat kalian berhenti meradang, dan juga jerawat yang sudah matang tadi terkumpul dan menempel semua pada produk patch tersebut!

Ada banyak sekali produk patch jerawat, salah satu yang akan aku review kali ini adalah produk brand asal korea yakni Cosrx Acne Pimple Master Patch. So here's my review!

_____________________________________________

Product: Acne Pimple Master Patch
Brand: COSRX
Volume: 1 pack contain 24 patches
Price: 45-50k
Where to Buy: Click here
____________________________________________


What is it & what it does?




Cosrx Acne Pimple Master Patch merupakan produk perawatan kulit berbentuk stiker bening yang dapat membantu mengatasi dan menyamarkan jerawat, blackhead, dan whitehead dalam semalam. Mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Dalam setiap kemasan, tersedia stiker dalam tiga ukuran yang dapat disesuaikan dengan area yang ingin ditutupi. Produk ini tidak mengandung pewangi.
Terdapat 2 jenis varian Cosrx acne patch, yang pertama Cosrx acne pimple maste patch (packaging warna warna merah) dan Cosrx clear fit master patch (packaging warna hitam). Untuk mengetahui perbedaan antara kedua patch tersebut kalian bisa melihat gambar di bawah ini ya!


Kedua produk tersebut tidak memiliki perbedaan dari segi harga dan kegunaan. Kalau kalian suka menggunakan make up, mungkin kalian lebih cocok untuk menggunakan clear fit karena lebih tipis dan transparan sehingga tidak terlihat jika ditutupi oleh make up. Kalau aku lebih memilih acne pimple master patch karena ukuran patchnya bervariasi jadi bisa menyesuaikan bentuk jerawat, dan juga isinya lebih banyak.

Quick Produk Notes


Menurut penelitian yang dilakukan oleh skincarisma, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait produk ini yaitu:
  • Paraben-Free: Paraben adalah salah satu kelompok pengawet yang biasa ditambahkan dalam suatu produk kosmetik untuk mencegah bakteri tumbuh. Beberapa pendapat mengatakan bahwa paraben dapat memicu munculnya tumor atau kanker, sehingga ada baiknnya jika kita menghindari produk yang mengandung paraben dengan konsentrasi yang tidak wajah. Kabar baiknya produk ini tidak mengadung  bahan yang dikategorikan dalam kelompok paraben!
  • EU Allergen-Free: Komite Ilmiah Uni Eropa tentang Keselamatan Konsumen (SCCS) telah mengidentifikasi dan menetapkan 26 bahan kosmetik yang mungkin alergen kontak (berpotensi menyebabkan alergi kulit) seperti yang ditunjukkan dalam studi klinis atau epidemiologi. Produk ini untungnya tidak mengandung 26 bahan kosmetik yang tidak sesuai dengan ambang batas yang disetujui sehingga aman dari potensi alergi kulit.
  • Sulfate-Free: Sulfat adalah sekelompok besar bahan yang bertindak sebagai agen pembersih dalam produk kosmetik, membersihkan kotoran dari kulit dan rambut untuk memungkinkan air untuk membersihkannya dengan mudah. Kebanyakan orang tidak akan menemukan masalah dengan sulfat, namun jika mungkin menemukan kulit kalian alergi dengan produk yang mengandung sulfat, kalian bisa cukup lega karena produk ini tidak mengandung sulfat.
  • Fungai Acne (Malassezia) Safe: Malassezia dapat memakan sebum lalu menghasilkan sisa pencernaan berupa asam lemak yang justru dapat membuat kulit iritasi hingga akhirnya menghambat metabolisme dan pertumbuhan sel kulit yang baru. Menurut penelitian oleh skinkarisma.com, dalam produk ini tidak ditemukan bahan yang mengandung Malassezia.
  • Alcohol-Free: Kandungan alkohol banyak digunakan dalam kosmetik. Untuk sebagian orang alkohol tidak bermasalah sama sekali. Namun pada beberapa orang dengan kulit sensitif, alkohol sederhana dapat cukup membuat kulit mereka kering atau memberikan iritasi. Produk ini free alcohol. Untuk kalian yang sensitif dengan bahan yang mengandung alkohol sepertinya bisa lega ketika mencoba produk ini.
  • Cruelty-Free: Mengacu pada merk atau brand yang bebas-kekejaman. mengacu pada merek yang tidak terlibat dalam pengujian hewan. Untungnya produk ini bebas terhadap percobaan hewan!
  • Silicone-Free: Produk ini tidak mengandung bahan yang mengandung silicone. Kalau kalian pernah menggunakan produk perawatan kulit, makeup atau kecantikan yang membuat kulit terlihat dan terasa lebih lembut, kemungkinan produk tersebut mengandung Silikon. Untuk alasan yang sama silikon  populer digunakan, namun juga sering dihindari. Banyak orang telah melaporkan bahwa Silicones menyebabkan / mengeluarkan jerawat, iritasi, kulit tidak dapat bernapas, menyebabkan penggumpalan produk kosmetik dan sulit untuk mencuci. 
  • Minimal Ingridients: Skincare yang baik adalah skincare yang mengandung sedikit ingridients. Terutama orang-orang dengan jenis kulit sensitif disarankan untuk menggunakan produk skincare yang tidak banyak terdapat bahan-bahan campuran kimia untuk mencegah terjadinya iritasi. Nah kabar baiknya, produk ini termasuk salah satu produk dengan minimal ingridients karena terbuat kurang dari 15 ingridients.
Ingridients Related to Skin Types


Patch ini terbuat dari bahan-bahan yang minimal, sehingga resiko untuk menimbulkan alergi terhadap pengguna dengan berbagai jenis kulit yang berbeda sangat rendah. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk ini aman untuk digunakan oleh semua orang dengan tipe kulit yang berbeda baik itu dry, oily/acne prone, atau sensitive skin.

Key Ingridients


Patch ini terbuat dari 5 bahan utama berupa cellulose gum, styrene/isoprene copolymer, polyisubutene, petroleum distillates, dan polyurethane-6. Untuk mengetahui lebih lengkap bahan lainnya, kalian bisa cek di skincarisma.

Adapun fungsi dari kelima bahan tersebut bisa dilihat pada gambar di atas. Kelima bahan utama dalam produk ini memiliki fungsi utama sebagai viskositas, meningkatkan agen, menstabilkan Emulsi, mengikat agen, serta membentuk film yang nantinya akan mempercepat dan mengatasi masalah jerawat pada kulit.

Texture, Colour, Shape & Size


Patch ini memiliki tekstur seperti plester namun memiliki lebih tebal, kira-kira 2 mm. Warna patch ini ketika diaplikasikan ke wajah hampir tidak terlihat (transparan). Acne pimple master patch ini terdiri dari 24 buah patch dengan 3 ukuran patch yang berbeda-beda. Patch ini bisa digunakan untuk jenis jerawat dari kecil-sedang-besar.


Application


Menurut petunjuk yang terdapat pada kemasan. Sebelum menggunakan patch ini pastikan wajah dan tangan kita telah bersih. Ambil patch dan tempel pada bagian wajah yang berjerawat. Ketika patch telah berubah warna menjadi keputihan, lepas atau ganti dengan yang baru.



Effectiveness


Ini hasil pemakaian setelah satu hari. Kebetulan waktu itu jerawat di wajahku tidak terlalu besar namun terlihat sudah ada matanya. Keesokan harinya, jerawat yang ada di wajahku sedikit mengempes dan terlihat juga akar dari jerawat tersebut terserap pada patch nya.


What I Thoughts


Overall menurutku kualitas patch ini cukup baik dan aku sangat merekomendasikan produk ini untuk kalian yang mungkin mencari produk untuk mempercepat penyembuhan jerawat. Oh ya tips dari aku, sebaiknya gunakan patch ini ketika jerawat kalian sudah terlihat ada akar/matanya (nanah), karena produk ini akan lebih bekerja maksimal pada jerawat yang sudah matang. Kalau untuk jerawat yang tidak memiliki mata (belum muncul), sepertinya akan kurang ampuh. Sekian review kali ini semoga bermanfaat. See you on the next post~

You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram