End of 2018: Thank You, Next.

1:38 AM



Goodbye 2018, Welcome 2019.
Hi everyone! The year is coming to an end! Following my 2018 year and review, I thought to update this post so that you guys can get started on your year end review too. How was your 2018? What are your goals and plans for 2019? 

First off, I want to thank everyone-my family, my cat chiro, (new & old friend) friends, mentors, coworkers, peers-everyone. 
 I owe everything to those who have helped me make it this far and make my 2018 more special. Thank you.


Doing annual year review is like getting my report card. Jadi inget waktu masih sekolah, gimana exited nya ngeliat hasil rapor. Apalagi kalau kamu udah mempersiapkan semuanya dan bener-bener usaha maksimal supaya dapat hasil yang terbaik. It's the same with my year and review, except that these results aren't for school. They're bigger! It's for my life and my future. 

Psst....kalian mungkin akan mengahabiskan 10 menit (atau lebih!) waktu berharga kalian untuk membaca post yang panjang ini, mengingat banyak banget momen-momen penting yang terjadi selama setahun. This post will get you started. Enjoy, and let’s set big goals for this year! 

Januari
5 Januari 2018
Aku memutuskan buat melakukan penelitian skripsi ku lebih awal, tepatnya pada awal Januari 2018.  Lokasi penelitian ini di Sumbawa. Kenapa milih lokasi disana? Sebenernya sih nggak kenapa-kenapa, biar ada alasan buat liburan aja hehe. Waktu itu kebetulan masih masa-masa libur semester, jadi sekalian aja liburan!


Pertemuanku kembali dengan pulau Sumbawa sekaligus  menjadi ucapan perpisahan, karena sepertinya aku nggak bakalan balik kesini lagi. Awal Januari lalu, rumah ku yang ada di Sumbawa resmi berpindah kepemilikan, sad.
Goodbyes are not the end, it simply means, I will miss you until we meet again.

Selamat tinggal kenangan masa kecilku...
Ke Sumbawa belum lengkap rasanya kalau nggak ke pantai dan makan ikan bakar! Ini yang bikin aku betah tinggal di Sumbawa, deket pantai. Salah satu pantai terdekat dapat ditempuh kurang dari 6 menit dengan berjalan kaki. 

6 Januari 2018
Sebelum memulai penelitian, aku banyak ngabisin waktu buat di rumah, ke pantai, makan, dan pergi ke berkeliling beberapa tempat kenangan masa kecil dulu, salah satunya ke daerah tempat aku sekolah dulu. 

chills

Sepat & ikan bakar, makanan favorit!

Jalanan menuju ke sekolah. Jadi inget tiap pulang sekolah selalu naik cidomo bareng temen-temen :(
7 Januari 2018
Kembali ketujuan awal, kesini buat penelitian skripsi. 
Penelitan ini berlokasi di Townsite Batu Hijau, mungkin akan panjang kalau mau dijelasin lebih detail. Next time aku bakal bikin post khusus tentang tempat ini ya!

Mampir ke tempet kerja Ayah. Kalau pagi di lapangan, siangnya ngantor.


14 Januari 2018
Selesai penelitian langsung balik ke Blitar, dan kebetulan sahabat aku 'Annis' berencana buat liburan ke Blitar selama beberapa hari. Kita nggak banyak ambil foto berdua karena waktu itu alergi mataku lagi kambuh, jadi ku menolak foto bersama (menolak terlihat jelek).


Me & cotton candy
hufflepuff & ravenclaw were doing bean boozled challange!

Februari
11 Februari 2018
Disela-sela kesibukan menyusun laporan skripsi, pada pertengahan februari aku ke Surabaya buat mengikuti tes simulasi IELTS dan juga melihat pameran scholarship abroad bersama 'you-know-who'. Kesempatan itu aku pakai juga buat jalan-jalan. Kemanapun tempetnya, tujuannya, jalan-jalan itu wajib!
muka lelah abis tes 2 jam :')
18 Februari 2018
Mungkin udah bukan rahasia lagi kalau aku anaknya beauty addict, suka nyobain berbagai macam skincare, make up, bahkan akhir-akhir ini konten blog aku banyak dipenuhi review beauty product. Karena aku dan temenku punya hobby yang sama, akhirnya kita berkolaborasi buat online shop ini, dan nggak nyangka bisa bertahan sampai sejauh ini! So happy~
my baby clove
Maret
16 Maret 2018
Berawal dari kebosanan mengerjakan skripsi, akhirnya aku dan temenku mengikuti sayembara arsitektur. Aku udah beberapa kali mengikuti sayembara tapi nggak pernah serius ngerjainnya, Kali ini, karena kita udah semester akhir dan kemungkinan kalau lulus nggak bisa ikut sayembara kayak gini lagi (khusus mahasiswa), akhinya ngerjain sayembara ini lumayan niat. Dan kita sampai ke babak final, lanjut presentasi di Jogja!

Halo Jogja!
Pertama kalinya makan gudeg
Malam di Malioboro
17 Maret 2018
Hari ini adalah hari dimana kita harus presentasi. Sebelum presentasi kita lihat-lihat pameran dulu, selain menampilkan karya dari para finalis, terdapat pula beberapa karya project mahasiswa. 

Karya kita!
Wajah grogi sebelum presentasi

18 Maret 2018
Hari terakhir di Jogja sekaligus hari pengumuman sayembara. Sebelum acara puncak dimulai, kita sempetin dulu buat jalan-jalan.



Yay we did it!
April
1 April 2018
Back to normal life! Menyelesaikan kewajiban yang sempat sedikit tertunda, apalagi kalau bukan skripsi! Revisi-print-revisi-print jadi sarapan ku setiap hari.

Selamat tinggal uang ku~
4 April 2018
Sempet maju-mundur galau mau ikut semhas gelombang 1 apa nggak! Akhirnya setelah meyakini  diri sendiri dan nekat ikut gelombang 1, bisa juga lulus! Satu langkah lagi menuju wisuda

18 April 2018
IT'S MY BIRTHDAY! Semakin menua. Terima kasih surprisenya temen-temen ku.
Terima kasih nab, tev, fi, ast, yu, chi, af, ven 
27 April 2018
Waktu main-main ke Studio Andi Rahman di Sidoarjo.



Mei
4 Mei 2018
Foto studio buat ijazah di tengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi.


26 Mei 2018
Buka puasa sebagai mahasiswa semester 8. Kemungkinan tahun depan nggak bakal selengkap ini karena masing-masing udah punya tujuan masing-masing di tempat yang berbeda. Wish us luck, see you on top!


Juni
4 Juni 2018
SIDANG! Nggak bisa tidur, dan datang super pagi. Salah satu momen menegangkan di tahun 2018. Alhamdulillah lulus, setelah sekian drama preskripsian, begadang, ngeprint habis banyak, semua terbayarkan! Emang benar usaha tidak pernah mengkhianti hasil.
Buat teman-teman di luar sana yang mungkin masih jadi pejuang skripsi, semangat! Setiap orang punya jalan dan waktu yang berbeda buat meraih kesuksesan. Don't compare your life to others, it's doesn't matter what others are doing, it's matters how you're doing.

Ruang kelas yang masih kosong

Terima kasih temen-temen, luv

Winda Ratnasari S. T.
9 Juni 2018
Buka puasa bersama with my best friends. Lucky to have them. Semoga bisa buka puasa bareng lagi ditahun berikutnya.
15 Juni 2018
Hari saya idul fitri. Keluarga LDR yang hanya bisa bersatu kalau lagi cuti atau lebaran.



Dibalik bahagianya lebaran, ada momen goblok ninggalin sepatu di pom bensin dan lupa di ambil waktu lagi perjalanan mudik. Aku gpp :)


Juli
7 Juli 2018 
Menemani mama yang ingin jalan-jalan. Kalau aku sih nggak mau nolak!



16 Juli 2018
Hari pengumpulan final skripsi. Lega banget kayak abis angkat beban 1 ton di pundak!


17 Juli 2018
Mengucapkan kata perpisahan buat UB. Bye!

28 Juli 2018
Such a nice experience jadi guest speaker buat pertama kalinya bareng temen-temen pemenang sayembara.


Agustus
1 Agustus 2018
Mengucapkan selamat tinggal kepada kos ku yang ada di Malang. Setelah 4 tahun bersama, kita harus berpisah juga. Sampai bertemu lagi dilain waktu~


September
9 September 2019
Dibulan september aku habiskan dengan menikmati masa-masa pengangguran di rumah. Karena kamu nggak tau beberapa hari atau mungkin bulan ke depan bisa jadi udah berada di tempat lain, jadi aku mau mempergunakan waktu ini buat belajar. Mempersiapkan diri buat rencana ke depannya.  Mempersiapkan mental, memikirkan secara matang tentang tujuan hidup selanjutnya, apa bener ini yang aku mau dan bukan karena pengaruh orang lain?

Gangguin orang belajar

Menemani kegalauan ku mengahadapi kehidupan


Oktober
5 Oktober 2018
Spending my precious time with my precious best friend.




6 Oktober 2018
It's my graduation day! Salah satu goals aku di tahun 2018 yakni bisa lulus dan wisuda tepat waktu akhirnya tercapai! Click here to read more about my graduation stories.



November
2 November 2018
Pertama kalinya ke Jakarta, sendirian. Walaupun aku nggak memberi tahu secara spesifik lokasi aku kemana, beberapa dari kalian mungkin melihat update stories instagram ku udah notice, netizen luar biasa! Ke Jakarta ngapain?  Hmm untuk yang ini aku rahasiakan ya hehe yang jelas untuk kepentingan karir. Take the risk or lose the chance!
Solo travel again 
Jalan ke Kota Tua Jakarta setelah semua urusan kelar(1)

Jalan ke Kota Tua Jakarta setelah semua urusan kelar(2)

Jalan ke Kota Tua Jakarta setelah semua urusan kelar(3)
Kesampean sholat disini juga!

31 November 2018
View from my new kosan.


Desember
1 Desember 2018
It's my bestfriend graduation day, but I am not feeling well! Sempet takut nggak bisa dateng, dokter juga menyarankan buat full bed rest. But hey rules are made to be broken! 

Make up does make me look healthy
4 Desember 2018
Setelah merasa nggak enak badan selama 3 hari, akhirnya tumbang juga. Padahal nggak boleh sakit sekarang, padahal besok harus kerja, tapi siapa sih yang mau sakit?
Hari itu sebenernya pengen nekat, dan pura-pura kuat aja. Tapi badan nggak bisa bohong. Akhirnya sekarang nyesel sendiri.
Kenapa dulu nggak jaga kesehatan?
Kenapa dulu selalu begadang?
Kenapa kurang minum air?
Kenapa kalau udah ngerasa sakit nggak periksa?
Keep calm. 
It's okay. 
You're not gonna die.
Pertama kalinya infus
Jadi seperti ini rasanya gendut hmm

Life should always be rainbows and daisies, sunshine and roses, right? Happy, smiling faces, sunny days, exciting experiences, and good times. The truth is they don’t. Ada kalanya kita harus ngerasain sakit, ngerasa kecewa, merelakan buat ngelepasin sesuatu yang udah kamu dapat dengan susah payah. But I believe, Allah let me have this pain for a reason. Apa yang baik menurut kamu belum tentu baik menurutnya. Sometimes life doesn't give you something you want, not because you don't deserve it, but because you deserve more.

My breakfast disuapin mama!
30 Desember 2018
Holiday with my family. Nggak banyak foto-foto karena pengen menikmati momen bareng keluarga tanpa harus di share ke sosial media. Akhir-akhir ini, ngerasa semakin hari instagram isinya semakin toxic, jadi aku berusaha mengurangi waktu bermain instagram. It's not because I don't have something to share. Disaat seperti ini aku memutuskan buat spend less time watching other people live their lives and spend more time enjoying my own. 

Cuma makanan yang selalu bikin bahagia, btw ini super duper enak banget! Seumur hidup baru pertama ngerasain steak seenak ini!
__________________________________________________________________________


Spend the next 10 minutes to think about the following:

How has 2018 been for you? What have you achieved in the year? What are your big goals and dreams for your life and future? What are the goals you can start setting for 2019 as you move toward those big goals and dreams?


Buat aku sendiri, ada banyaaakkk sekali hal yang pengen aku lakuin di tahun 2019. Ntah itu ingin melanjutkan S2, kerja aja atau apapun itu tentunya berharap bisa segera merdeka baik finansial pun pikiran. "You've got to find what you love… the only way to do great work is to love what you do. If you haven't found it yet, keep looking, and don't settle."

Yang paling penting semoga di tahun ini bisa lebih produktif, bisa lebih mencintai diri sendiri, banyak beryukur, kurangi ngeluh, don't compare you life with others, no regret, kurangi begadang dan banyak minum air (noted).

Apapun mimpi kalian, never give up and keep trying! It might take a year, it might take a day but whatever Allah has willed will always find it's way.

Oh ya selama kurang lebih 2 bulan lalu aku berusaha buat detox instagram (ini penting banget buat kesehatan mental!), jadi maafkan buat pertanyaan via dm yang sering nggak aku bales hihi, Peace! 
Thank you for reading. Thank you for an awesome year. I have so many people to be thankful and appreciative of. I am so lucky. 
2018, thank you, next.
I wish you the best in 2019.



You Might Also Like

0 komentar

Portfolio Design

Popular Posts

Instagram